Sidang Promosi Doktor, Ir. Inga Torang, MSi Layak Sandang Gelar Doktor Ilmu Lingkungan Ke-18

Untuk ke-18 kalinya, Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs-UPR) menggelar Sidang Promosi Doktor, dari Prodi Doktor Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana UPR. Kegiatan dilaksanakan secara daring, Senin (21/3/2022). Adapun kandidat doktor yang menjalani sidang promosi doktor kali ini adalah Promovendus Terpelajar Ir. Inga Torang, MSi, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) CFA 316 015 dari Prodi Doktor Ilmu Lingkungan Angkatan Tahun 2016, dengan judul Disertasi yang dipertahankan yakni ‘Studi Ekologi Perifiton Di Sungai Pager Kecamatan Rakumpit Kota Palangka Raya.’

Sidang promosi doktor dibuka langsung oleh Ketua Sidang Promosi Doktor Dr. Andrie Elia, SE, MSi. yang juga selaku Rektor UPR. Selanjutnya, jalannya sidang dimandatkan kepada Sekretaris Sidang yang juga merangkap sebagai ketua sidang, yakni Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP untuk memimpin hingga selesai. Kegiatan sepenuhnya dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP dari awal sampai akhir.Kegiatan dimulai dengan Pembukaan Sidang Promosi Doktor, sesi Paparan Disertasi, dilanjutkan pengajuan sejumlah pertanyaan dari tim penguji, setelah itu sanggahan atau jawaban atas pertanyaan, kompilasi penilaian akhir sampai pada pembacaan Berita Acara hasil sidang promosi doktor. Di mana, berdasarkan penilaian akhir dari Tim Penguji yang terangkum dalam Berita Acara yang dibacakan oleh Sekretaris Sidang Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP menyatakan bahwa Promovendus Terpelajar Ir. Inga Torang, M.Si Lulus dan Layak menyandang gelar Doktor Ilmu Lingkungan, dengan IPK 4 masa studi 11 Semester 2 Bulan predikat Sangat Memuaskan. Sehingga, dengan demikian Promovendus Terpelajar Ir. Inga Torang, M.Si. dinyatakan layak untuk menyandang dan menggunakan gelar baru, yakni Dr. Ir. Inga Torang, M.Si.

“Selain itu, lebih membanggakan lagi tenyata Promovendus Terpelajar Ir. Inga Torang, M.Si. ini merupakan tenaga edukatif (dosen, red) di Jurusan Perikanan Faperta UPR,” kata Prof. Yetrie, MP. Lanjutnya, ini menjadi suatu kebanggaan bersama, sekaligus pula wujud komitmen Program Pascasarjana UPR untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan yang memiliki kualitas unggul dan berdaya saing global, selaras dengan moto PPs-UPR yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’menuju UPR Jaya Raya. Di sisi lain Promotor Sidang Promosi Doktor, Prof. Dr. Sulmin Gumiri, PhD juga turut berpesan kepada Promovendus Terpelajar Dr. Ir. Inga Torang, M.Si agar terus mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah didapat, selama menjalani pendidikan. “Dan semoga bekal ilmu yang sudah diperoleh ini, selanjutnya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas, utamanya untuk pengembangan ilmu pengetahuan di tempat mengajar saat ini,” pesannya.

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, Promovendus Terpelajar Dr. Ir. Inga Torang, M.Si menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Rektor UPR bapak Dr. Andrie Elia,. SE, MSi; Direktur Program Pascasarjana UPR ibu Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP. Kemudian, Kaprodi Doktor Ilmu Lingkungan bapak Prof. Dr. Ir. Bambang S. Lautt, MSi, dan Tim Promotor serta Tim Penguji Sidang Promosi Doktor yang selama ini telah mengajarkan dan membimbing, sampai berakhirnya masa studi. Tentunya, keberhasilan yang telah diraih Promovendus Terpelajar Dr. Ir Inga Torang, M.Si ini tidak terlepas dari peran promotor yang hebat.

Tidak kalah penting, peranan dari kedua orang tua, keluarga besar, serta istri beserta anak-anaknya yang telah memberikan segala bentuk dukungan semangat serta motivasi. “Saya berharap, pencapaian ini kelak bisa menjadi motivasi bagi anak-anak agar bisa menjalani pendidikan dengan penuh semangat,” ujarnya. Tidak lupa, ia juga memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa di Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana UPR, terlebih khususnya angkatan 2016 yang masih belum selesai, untuk bisa segera menyelesaikan pendidikan dan dapat segera menyusul meraih gelar Doktor Ilmu Lingkungan.

Sebagai informasi, adapun susunan Tim Penguji pada sidang promosi doktor kali ini, yakni Dr. Andrie Elia, SE, MSi (Rektor UPR, selaku Ketua Sidang Promosi Doktor); Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP, (Direktur PPs-UPR, selaku Sekretaris Sidang Promosi Doktor). Lalu ada pula Prof. Dr. Sulmin Gumiri, PhD selaku Promotor; Ir. Ardianor, MSi, PhD selaku Co-Promotor I; Dr. Ir. Adi Jaya, MSi selaku Co-Promotor II; Dr. Ir. Evi Veronica, MS selaku Penguji Luar Komisi I; Dr. Ir. Sosilawaty, MP selaku Penguji Luar Komisi II; Dr. Yulintine, SPi, MSc selaku Penguji Luar Komisi III. Prof. Dr. Yusli Wardiatno, MSc selaku Penguji Luar Perguruan Tinggi (Guru Besar IPB yang saat ini juga sebagai Atase Pendidikan Kedutaan Indonesia di Tokyo); serta Dr. Ir. Suhaili Asmawi, MS selaku Penguji Tamu (dari ULM Banjarmasin). Selain itu, sidang promosi doktor kali ini juga diikuti lebih dari 52 peserta secara daring yang berasal dari teman satu angkatan, mahasiswa, dosen dan alumni dari Prodi Doktor Ilmu Lingkungan PPs-UPR, serta adapula dosen dari luar UPR. (YS)

Sumber: Kaltengnews