Program Pascasarjana Kembali Cetak Lulusan Murni UPR, Lukas Layak Sandang Gelar Doktor Ilmu Lingkungan

Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs-UPR) kembali menggelar Sidang Promosi Doktor yang ditujukan bagi seorang kandidat lulusan Doktor dari Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Lingkungan PPs-UPR. Kegiatan dilaksanakan sepenuhnya secara daring, Rabu (16/03/2022) pagi.

Adapun yang menjalani sidang promosi doktor kali ini adalah Promovendus Terpelajar Lukas, Nomor Induk Mahasiswa (NIM) CFA 318 004 dari Prodi Doktor Ilmu Lingkungan Angkatan Tahun 2018, dengan judul Disertasi yang dipertahankan yakni ‘Kajian Sumberdaya Perikanan dan Vegetasi Riparian Di Ekosistem Air Hitam Sungai Sebangau.’

Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri Tim Penguji Sidang, terdiri dari Dr. Andrie Elia, SE, MSi (Rektor UPR, selaku Ketua Sidang Promosi Doktor); Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP, (Direktur PPs-UPR, selaku Sekretaris Sidang sekaligus pula sebagai Penguji Luar Komisi I).

Lalu, ada pula Prof. Dr. Sulmin Gumiri, MSc selaku Promotor; Ir. Ardianor, MSi selaku Co-Promotor I; Dr. Berlinda Hastari, SHut, MSi selaku Co-Promotor II; Prof. Dr. Ir. Bambang S. Lautt, MSi selaku Penguji Luar Komisi II; Dr. Ir. Petrus S. Senas, MP selaku Penguji Luar Komisi III.

Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin, MM selaku Penguji Luar Perguruan Tinggi (UNMUL); serta yang lebih membanggakan, yakni hadirnya bapak Dr. Agustin Teras, SH yang merupakan Anggota DPD RI Dapil Kalteng selaku Penguji Tamu.

Selain itu, sidang promosi doktor kali ini juga diikuti lebih dari 55 peserta yang berasal teman satu angkatan, mahasiswa, dosen dan alumni dari Prodi Doktor Ilmu Lingkungan PPs-UPR.

Sidang promosi doktor dibuka langsung oleh Ketua Sidang Promosi Doktor Dr. Andrie Elia, SE, MSi. kemudian, Setelah beberapa waktu dikarenakan pada waktu yang bersamaan Ketua Sidang yang juga merupakan Rektor UPR memiliki agenda penting lainnya.

Sehingga selanjutnya jalannya sidang dimandatkan kepada Sekretaris Sidang yang juga Direktur PPs-UPR, Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP untuk memimpin hingga selesai.

Setelah itu, Prof. Yetrie, MP kemudian memberikan waktu kepada Promovendus Terpelajar Lukas untuk mempresentasikan hasil Disertasi-nya secara singkat di hadapan Tim Penguji Sidang Promosi Doktor. Kemudian, setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dari Tim Penguji kepada Promovendus Terpelajar Lukas.

Di penghujung Kegiatan tersebut, Prof. Yetrie, MP juga membacakan Berita Acara hasil kompilasi penilaian akhir dari seluruh Tim Penguji.

Berdasarkan Berita Acara hasil dari kompilasi penilaian Tim Penguji sidang promosi doktor, maka Promovendus Lukas dinyatakan Lulus dan Layak menyandang gelar Doktor Ilmu Lingkungan, dengan nilai IPK 3,99 masa studi 7 Semester 2 Bulan, predikat Cumlaude.

Sehingga, dengan demikian Promovendus Terpelajar Lukas dinyatakan layak untuk menyandang dan menggunakan gelar baru, yakni Dr. Lukas, SPi, MSi.

“Selain itu, lebih membanggakan lagi tenyata Promovendus Terpelajar Dr. Lukas, SPi, MSi ini merupakan lulusan murni dari UPR, di mana dia (Lukas, red) pendidikan jenjang S1 sampai S3, semuanya diselesaikan dengan baik di Universitas Palangka Raya,” kata Prof. Yetrie, MP.

Lanjutnya, ini menjadi suatu kebanggaan bersama, sekaligus pula wujud komitmen Program Pascasarjana UPR untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan yang memiliki kualitas unggul dan berdaya saing global.

“Saya berpesan, kepada Promovendus Terpelajar Dr. Lukas, SPi, MSi agar terus mengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah didapatkan selama menjalani pendidikan. Dan semoga ilmu pengetahuan yang sudah didapat, selanjutnya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas, utamanya turut serta memajukan pembangunan di wilayah Kalimantan Tengah,” pesannya.

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, Promovendus Terpelajar Dr. Lukas, SPi, MSi menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Rektor UPR bapak Dr. Andrie Elia,. SE, MSi; Direktur Program Pascasarjana UPR ibu Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP.

Kemudian, Kaprodi Doktor Ilmu Lingkungan bapak Prof. Dr. Ir. Bambang S. Lautt, MSi, dan Tim Promotor serta Tim Penguji Sidang Promosi Doktor yang selama ini telah mengajarkan dan membimbing, sampai akhir masa studinya.

Utamanya, kepada kedua orang tua, keluarga besar, serta istri dan anak-anak yang telah memberikan dukungan semangat serta motivasi.

Tidak lupa, ia juga memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa di Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana UPR, terlebih khususnya angkatan 2018 untuk bisa segera menyelesaikan pendidikan dan dapat segera menyusul meraih gelar Doktor Ilmu Lingkungan.

Sebagai informasi bahwa UPR untuk kesekian kalinya mencetak seorang lulusan murni, dari jenjang S1 sampai S3, semuanya ditempuh di Universitas Palangka Raya. Di mana, sebelumnya ada Dr. Sari Marlina dan kali ini disusul oleh Dr. Lukas.

Selain itu, Penguji Luar Perguruan Tinggi (UNMUL) Prof. Dr. Ir. H. Helminuddin, MM usai gelaran sidang promosi doktor menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan sidang hari ini, beliau juga menilai kemampuan Prof. Yetrie, MP saat memimpin sidang promosi yang bisa membawa suasana supaya tidak tegang.

Sidang Promosi Doktor kali ini merupakan salah satu wujud komitmen dan bentuk tanggung jawab dari Program Pascasarjana UPR, dalam upaya mencetak SDM unggul dan berdaya saing global.

Hal ini sebagaimana adanya motto dari Program Pascasarjana UPR itu sendiri yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang‘ menuju UPR Jaya Raya. (YS)

Sumber: https://kaltengnews.co.id/2022/03/program-pascasarjana-kembali-cetak-lulusan-murni-upr-lukas-layak-sandang-gelar-doktor-ilmu-lingkungan/2