Harlah Direktur PPS-UPR ke 58 Tahun Bakal Diisi Gerakan Pro

PALANGKA RAYA – Dalam rangka memperingati hari kelahiran (Harlah) ke 58 tahun Direktur Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., yang diperingati pada tanggal 17 Juni 2021 kemarin, maka selanjutnya PPS-UPR pada hari Sabtu 19 Juni 2021 besok, juga mengagendakan kegiatan Gerakan Pro (Sosial, Ekologi dan Kesehatan) di tengah pandemi COVID-19.

Hal ini seperti diutarakan langsung oleh Direktur PPS-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., mengatakan bahwa di momen Ulang Tahunnya ke 58 Tahun, pihaknya bekerjasama dengan IATPI Provinsi Kalimantan Tengah, Forpimpas BKS -PTN Barat, Asosiasi Mahasiswa (Asoma) dan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Program Pascasarjana UPR, dengan menyelenggarakan 3 (tiga) kegiatan atau gerakan yang masing-masing memiliki makna penting.

Adapun 3 kegiatan tersebut, diantaranya Gerakan Bersih Lingkungan, diisi dengan membersihkan area gedung PPS-UPR. Kemudian, Gerakan Peduli Lingkungan, diisi dengan merawat dan melakukan penanaman bibit tanaman khasiat obat di sekitar lingkungan PPS-UPR.

Serta, dilanjutkan Gerakan Peduli Sosial, diisi dengan penyerahan bantuan kepada tenaga kesehatan (nakes) melalui Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palangka Raya.

Lebih lanjut, Guru Besar yang memiliki etos kerja tinggi ini juga mengatakan bahwa di momen ulang tahunnya ke 58 tahun ini, dirinya juga ingin berbagi kepada sesama, sekaligus pula peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Kegiatan serupa juga dilaksanakan pada tahun 2020 kemarin, di momen ulang tahunnya yang ke 57 tahun.

“Di usia yang ke 58 tahun ini, Saya sangat mengucap syukur, atas segala rakhmat yang telah diperoleh, baik itu kesehatan, umur panjang dan kelancaran dalam menjalankan semua tugas dan pekerjaan. Oleh karena itu, pada momen yang berbahagia ini, saya secara pribadi juga ingin berbagi kasih kepada sesama dan lingkungan sekitar,” kata Prof. Yetrie, MP, Jumat (18/6/2021).

Lebih dalam, Guru Besar yang selalu memiliki ide cemerlang ini juga menuturkan bahwa pentingnya menjaga lingkungan kerja agar tetap bersih dan hijau, ialah tidak lain untuk memberikan kenyamanan dan motivasi bagi seluruh civitas akademika di lingkungan PPS-UPR, agar bisa bekerja lebih optimal lagi.

“Ketika lingkungan kampus bersih, ditambah lagi adanya tanaman yang hijau, maka diyakini itu akan membawa pengaruh positif dan motivasi, kepada peningkatan semangat kerja, dari seluruh individu dalam menjalani semua pekerjaan di unitnya masing-masing.”

“Begitupun bagi mahasiswa di PPS-UPR, ketika hadir di kampus, dengan melihat lingkungan kampusnya bersih dan hijau, maka harapannya hal ini juga akan membawa pengaruh positif dalam meningkatkan semangat untuk menjalani semua kegiatan belajar mengajar di lingkungan PPS-UPR,” katanya lagi.

Guru Besar penuh terobosan ini juga menambahkan bahwa hal yang tidak kalah pentingnya lagi ialah berbagi kepada sesama, yakni dengan melakukan gerakan peduli sosial di tengah pandemi COVID-19, melalui penyerahan bantuan kepada tenaga kesehatan melalui Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Palangka Raya.

Dikatakan Prof. Yetrie, MP., peran tenaga kesehatan dalam menangani pandemi COVID-19 sangatlah penting. Tidak dapat dipungkiri bahwa merekalah yang menjadi garda terdepan dalam menangani pandemi COVID-19.

Untuk itu, sangatlah wajar mereka juga perlu didukung, meskipun bantuan yang diserahkan ini hanya ala kadarnya. Namun, harapannya ini juga bisa memberikan manfaat dan motivasi bagi kawan-kawan tenaga kesehatan yang hingga sekarang ini masih bertugas melakukan penanganan pandemi COVID-19.

“Selain itu, pada momen ulang tahun ke 58 ini, saya juga tetap berkomitmen memberikan yang terbaik untuk memajukan UPR, khususnya melalui pengembangan institusi di PPS-UPR, yakni menyelenggarakan pendidikan tinggi yang memiliki mutu dan berkualitas, dalam rangka mempersiapkan SDM Unggul dan Berdaya Saing Global.” tandasnya.

Hal ini, tentunya sejalan dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor, dan motto PPS-UPR yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya. (YS)

Sumber: Kaltengnews