Hadapi Persaingan Ketat di Era Globalisasi, Prodi MPBI PPS-UPR Siap Cetak SDM Berkualitas Unggul

PALANGKA RAYA – Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris (MPBI) Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) dibuka sejak tahun 2009 lalu, sesuai dengan SK Dirjen Pendidikan Tinggi Nomor 2736/D/T/2008 tertanggal 13 Agustus 2008.

Dimana, pembukaan Prodi MPBI PPS-UPR dilandasi atas pertimbangan untuk menjawab kebutuhan akan perlunya jenjang akademik yang relevan bagi lulusan Strata Satu (S-1) Pendidikan Bahasa Inggris, terutama para guru pendidikan dasar dan menengah, tenaga edukatif perguruan tinggi, maupun praktisi bahasa Inggris diberbagai wilayah regional, nasional, maupun global.

Saat ini, Prodi MPBI PPS-UPR telah terakreditasi B dengan SK BAN-PT tertanggal 9 April 2019 nomor 797/SK/BAN-PT/Akred/M/1V/2019 dengan masa berlaku sampai dengan tahun 2024.

Ketua Program Studi (Kaprodi) MPBI PPS-UPR, Prof. Dr. Wahjuningsih Usadiati, M.Pd., mengatakan bahwa keberadaan Prodi MPBI menjadi sangat penting, dalam rangka mempersiapkan tenaga pendidik (guru, red) di satuan pendidikan dasar dan menengah, tenaga edukatif (dosen, red) perguruan tinggi, maupun praktisi bahasa Inggris.

“Ketersediaan guru, dosen, praktisi bahasa Inggris yang profesional dan berkompeten, menjadi hal yang sangat penting untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu menghadapi ketatnya persaingan di era globalisasi dan kemajuan jaman,” kata Kaprodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris PPS-UPR, Kamis (24/6/2021).

Lanjut Prof. Dr. Wahyuningsih menyampaikan bahwa Prodi MPBI PPS-UPR membuka kesempatan bagi masyarakat luas, terlebih para guru, dosen dan praktisi bahasa Inggris untuk bergabung dengan mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru Tahun Akademik (TA.) 2021/2022.

“Saat ini, kami membuka penerimaan mahasiswa baru bagi guru, dosen dan praktisi bahasa Inggris yang ingin meningkatkan kompetensinya, pada penerimaan gelombang ke 3 (tiga) mahasiswa baru yang dilaksanakan sejak tanggal 2 Juni hingga 1 September 2021 mendatang,” ujarnya.

Prof. Dr. Wahyuningsih juga mengatakan bahwa banyak keunggulan yang dimiliki oleh Prodi MPBI PPS-UPR. Mulai dari dosen, kurikulum dan mata kuliah yang dimiliki, sarana dan prasarana, serta tidak kalah pentingnya lagi biaya pendidikannya relatif cukup terjangkau dan dapat dicicil.

Mahasiswa Prodi MPBI PPS-UPR mengikuti kegiatan Ordik, berfoto bersama Direktur PPS-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP.

Ketersediaan dosen yang mengajar di Prodi MPBI PPS-UPR, memiliki kompetensi yang cukup mumpuni, mengingat mereka memiliki kualifikasi Guru Besar dan Doktor (S-3) lulusan dari dalam negeri maupun luar negeri, diantaranya Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., yang juga selaku Direktur PPS-UPR.

Kemudian, Prof. Dr. Wahyuningsih Usadiati, M.Pd., Prof. Dr. Maria Arina Luardini, MA., Prof. Dr. Joni Bungai, M.Pd., Dr. Natalina Asi, MA., Dr. Elaneri Karani, M.Pd., Dr. Misrita, S.S., M.Hum., Dr. Bahing, M.Pd., Dr. Ristati, S.Pd., M.Hum., Dr. Demitra, M.Pd., Dr. Sugiharto, M.Pd.

Lalu, Dr. Jackson Pasini Mairing, M.Si., Dr. Indra Perdana, M.Pd., Agung Wibowo, S.Hut., M.Si., Ph.D., serta didukung pula oleh Guru Besar dan Doktor dari Universitas lain yang bekerjasama dengan PPs-UPR, dan Praktisi Kewirausahaan.

Selanjutnya, Prof. Dr. Wahyuningsih mengutarakan untuk kurikulum di Prodi MPBI PPS-UPR berbasis OBE (Outcome Based Education). Dimana, mahasiswa Prodi MPBI PPS-UPR, selain mendapat ilmu pengetahuan dari mata kuliah yang diajarkan, juga dibekali sejumlah keterampilan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia industri di era globalisasi.

Lebih menariknya lagi, yakni khususnya bagi mahasiswa yang berprestasi, sangat dimungkinkan menyelesaikan kuliah dalam waktu 3 semester.

Sementara, untuk sarana dan prasarana yang tersedia di Prodi MPBI PPS-UPR juga terbilang cukup representatif, seperti ruang kuliah yang dilengkapi dengan pendingin dan alat pembelajaran modern. Perpustakaan yang dilengkapi dengan literasi yang cukup lengkap.

Harapannya, dengan didukung sarana dan prasarana yang representatif, mahasiswa akan lebih merasa nyaman dan dapat secara optimal mengikuti kegiatan perkuliahan.

Tidak hanya itu, kegiatan pembelajaran juga dilaksanakan secara interaktif, sehingga mahasiswa di ruang kuliah dapat lebih maksimal.

Selain itu, untuk kegiatan kemahasiswaan di Prodi MPBI PPS-UPR juga terbilang cukup bervariatif, mulai dari seminar, pelatihan, workshop ataupun studi banding ke Universitas lainnya.

“Inilah sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Prodi MPBI PPS-UPR. Dimana, semuanya itu dimaksudkan untuk memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi mahasiswa, dalam upaya meningkatkan kompetensinya masing-masing,” ucap Prof. Dr. Wahyuningsih.

Sementara itu, berkenaan biaya pendidikan yang relatif cukup terjangkau dan dapat dicicil, Prof. Dr. Wahyuningsih menyebutkan bahwa komponen biaya pendidikan, meliputi SPP per semester sebesar Rp. 6.000.000; SPFP (hanya 1 kali, dan dapat dicicil) sebesar Rp. 6.000.000; Registrasi, Ordik, Buku Panduan sebesar Rp. 1.350.000; Tes Potensi Akademik (TPA) sebesar Rp. 500.000; Seminar Proposal sebesar Rp. 1.500.000; Seminar Hasil sebesar Rp. 1.500.000; dan TOEFL (sesuai dengan ketentuan dari UPT Bahasa UPR).

Sebagai informasi, lebih lanjut untuk pendaftaran mahasiswa baru TA. 2021/2022, calon pendaftar bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran ke Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, alamat Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya 73112, Nomor Telepon (0536) 3235159, atau contact persons Prof. Dr. Wahyuningsih, M.Pd., (081334668789); Dr. Misrita, S.S., M.Hum., (08112552005); Komang Ayu, L.S., M.Pd., (0813350542995), serta bisa juga mengunjungi website pendaftaran di http://pps.upr.ac.id atau http://s2-englisheducation.upr.ac.id. (YS)

Sumber: Kaltengnews