Magister Perencanaan Wilayah dan Kota

Latar Belakang

Kota sebagai magnet pertumbuhan bagi kawasan disekitarnya berkembang. Hal ini dipengaruhi oleh urbanisasi yang tinggi dan kemudahan transportasi yang tinggi dan kemudahan transportasi berdampak pada meningkatnya jumlah penduduk di kota diprediksikan meningkat pesat di tahun 2030 yaitu mencapai 67% dari total keseluruhan penduduk (200 juta jiwa ). Peranan pemerintah juga bergeser dari penyedia menjadi fasilitator. Kebutuhan kelengkapan fasilitas perkotaan seperti infrastruktur, perumahan, fasilitas dan sosial telah meningkatkan peranannya sebagai penyedia sarana dan prasarana perkotaan. Kurikulum prodi S-2 MPWK PPs UPR disusun untuk memenuhi tenaga ahli yang profesional (baik pemerintah,
swasta, maupun enterpreneur) dalam bidang perancanaan pembangunan wilayah dan kota (urban planning and development) untuk menjawab trend pembangunan kota saat ini dan mendatang.

Tujuan Penyelenggaraan

Tujuan Penyelenggaraan Program Magister Perencanaan Wilayah dan Kota :

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengenal, menganaljsa dan memberikan alternatif pemecahan masalah, serta merencanakan konsep-konsep baru dengan wawasan yang luas dalam rangka menghadapi era globalisasi.
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk menerapkan dan mengembangkan kompetensi profesionalnya serta mampu mengembangkan karir dan kinerjanya sesuai dengan profesi yang dijalani.