Mantap, S2 Pendidikan Dasar Program Pascasarjana UPR Berhasil Sandang Akreditasi ‘Baik Sekali’

 Kabar baik datang dari keluarga besar Prodi Magister (S2) Pendidikan Dasar (Pendas) Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya, sudah sepatutnya berbangga, karena telah berhasil ditetapkan layak untuk menyandang akreditasi ‘Baik Sekali’ oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Adapun penetapan hasil akreditasi ‘Baik Sekali’ tersebut, tertuang dalam Surat Keputusan BAN-PT No. 4589/SK/BAN-PT/Ak/M/VII/2022 tentang Peringkat Akreditasi Program Studi Pendidikan Dasar pada Program Magister Universitas Palangka Raya, ditetapkan di Jakarta pada tanggal 19 Juli 2022, ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif Prof. Ari Purbayanto, PhD.

Kepada redaksi Kaltengnews.co.id, Ketua Program Studi (Kaprodi) S2 Pendas, Prof. Dr. Holten Sion, MPd menyampaikan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas hasil penilaian akreditasi ‘Baik Sekali’ yang sudah diterima dari BAN-PT.

“Ini merupakan ‘buah manis’ hasil kerjasama dan dukungan dari semua pihak, terlebih dukungan dari unsur pimpinan di Program Pascasarjana UPR, baik itu dari Direktur Program Pascasarjana UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP dan para Wakil Direktur, serta kerjasama yang solid dari kawan-kawan di Prodi S2 Pendidikan Dasar, termasuk pula dukungan dari unsur pimpinan UPR, KadisDik Kota Palangka Raya, Ketum PGRI Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua IGI Kota Palangka Raya, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni Prodi S2 Pendidikan Dasar Program Pascasarjana UPR,” ucapnya, Selasa (26/07/2022).

Lanjut Prof. Dr. Holten mengatakan meski pihaknya telah menerima hasil sesuai dengan yang diharapkan, namun itu tidak membuat mereka berbesar hati. Karena, masih banyak lagi tantangan yang akan dihadapi, terutama dalam upaya pengembangan institusi kelembagaan.

Serta, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) baik itu tenaga kependidikan (dosen) dan peneliti, guna mencetak lulusan yang unggul dan berdaya saing global.

Selain itu, pihaknya juga menargetkan kedepan Prodi S2 Pendas Program Pascasarjana UPR harus bisa menjadi yang terdepan, dalam upaya mencetak SDM alumni tenaga kependidikan yang lebih profesional dan ahli di bidang pendidikan.

“Mengingat, pendidikan dasar merupakan pondasi dasar dari segala macam pendidikan. Untuk itu, diharapkan Prodi S2 Pendas Program Pascasarjana UPR bisa benar-benar menjadi tempat yang tepat, dari seluruh tenaga kependidikan (guru dan dosen, red) untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalismenya di bidang pendidikan,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Dirinya juga mengajak agar masyarakat tidak ragu untuk bergabung menjadi mahasiswa di Prodi S2 Pendidikan Dasar Program Pascasarjana UPR. Karena, keberhasilan perolehan akreditasi ‘Baik Sekali’ ini merupakan salah satu bukti dari pihaknya, dalam menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan profesional.

Sementara itu, Direktur Program Pascasarjana UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan yang telah diraih oleh Prodi S2 Pendidikan Dasar Program Pascasarjana UPR, karena telah berhasil memperoleh akreditasi ‘Baik Sekali’ dari BAN-PT.

“Tentunya, saya merasa sangat bangga, atas pencapaian yang sudah diraih oleh Prodi S2 Pendidikan Dasar Program Pascasarjana UPR. Ini merupakan hasil kerjasama dan kerja keras bersama. Pencapaian ini, sekaligus pula salah satu perwujudan IKU Rektor UPR di lingkungan Program Pascasarjana UPR,” ungkapnya.

Guru Besar penuh terobosan ini juga mengatakan menjadi suatu komitmen bersama, untuk terus memberikan pelayanan optimal, terutama dalam hal penyelenggaraan pendidikan yang bermutu unggul, berkualitas dan berdaya saing global.

Tidak hanya itu, pihaknya juga berkomitmen secara bertahap dan berkesinambungan, untuk melakukan pengembangan institusi kelembagaan, peningkatan akreditasi di setiap program studi di Program Pascasarjana UPR ini.

Termasuk pula, membuka Program Studi Baru yakni Prodi S2 Perencanaan Wilayah dan Perkotaan di Program Pascasarjana UPR, dimana pada semester ini juga secara resmi telah membuka penerimaan mahasiswa baru.

Hal ini, tentunya juga sejalan dengan motto dari PPs-UPR yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya. (YS)

Sumber: Kaltengnews