Jelang Purna Tugas, Prof. Wahyuningsih jadi Pemateri pada Webinar seri#8 tentang Regenerasi Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Pemelajar dan Pembelajar

PALANGKA RAYA – Program Studi (Prodi) Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris menggelar kegiatan Webinar seri #8 dengan mengusung tema ‘Regenerasi Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Pemelajar dan Pembelajar’ dengan menggunakan metode hybrid yakni memadukan cara online (daring, red) dan tatap muka secara terbatas (luring, red) pada hari Senin (18/10/2021) siang.

Kegiatan secara luring dilaksanakan di ruang percontohan, dihadiri oleh Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang MP; Kaprodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Prof. Dr. Wahyuningsih Usadiati, MPd; serta diikuti pula oleh sejumlah dosen, mahasiswa dan alumni di internal Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris.

Sementara disisi lain, peserta yang mengikuti kegiatan secara daring, melalui sambungan zoom meeting tampak hadir Wakil Direktur PPs-UPR Bidang Umum dan Keuangan Dr. Indrawan Permana Kamis, ST, MA; mahasiswa dan alumni dari Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris; serta sejumlah Ketua dan Sekretaris Prodi yang ada di Program Pascasarjana UPR.

Dalam kegiatan tersebut, Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP menyampaikan bahwa pada hakekatnya sebagai individu yang terpelajar, dalam dunia pendidikan tidak akan pernah mengenal adanya batasan, atau dapat dikatakan jangan pernah berhenti untuk belajar.

“Yang mana maksudnya, segenap civitas akademisi di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris PPs-UPR, baik itu dosen, mahasiswa dan alumni. Dimana, harapannya kegiatan belajar-mengajar itu sendiri sudah menjadi bagian dari perilaku kehidupan sehari-hari, jadi jangan pernah bosan untuk belajar,” ujar Direktur PPs-UPR.

Lebih dalam, Guru Besar yang kerap menjadi inspirasi bagi kalangan internal Program Pascasarjana UPR ini juga mengatakan bahwa sejatinya Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana UPR, memiliki suatu tujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi tenaga pendidik (guru atau dosen, red) ataupun praktisi pendidikan di bidang Bahasa Inggris agar bisa lebih menjadi profesional, berkompeten, unggul dan berdaya saing global.

“Saya sangat berharap, SDM lulusan dari Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, dapat menjadi seorang guru, dosen dan praktisi pendidikan Bahasa Inggris yang lebih profesional, selanjutnya dapat meneruskan dan mendidik para peserta didik (siswa atau mahasiswa, red) untuk menjadi SDM berkualitas pada generasi berikutnya,” ungkapnya.

Tidak lupa, Prof. Yetrie MP., juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh tenaga pendidik atau dosen di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana UPR yang telah mendedikasikan diri untuk mendidik atau mengajarkan mahasiswa, utamanya dalam rangka mempersiapkan SDM lulusan tenaga pendidik dan praktisi pendidikan Bahasa Inggris yang profesional, berkompeten, unggul dan bedaya saing global.

Secara khusus, Dirinya juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Ketua Program Studi (Kaprodi) S2 Pendidikan Bahasa Inggris ibu Prof. Dr. Wahyuningsih Usadiati, MPd yang saat ini sudah menjelang masa purna tugas.

“Semangat, pengabdian dan dedikasi yang telah diberikan, selalu akan kita ingat sebagai contoh sekaligus pula motivasi bagi generasi selanjutnya, terlebih lagi dalam upaya memajukan mutu pendidikan di Program Pascasarjana, khususnya lagi di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris PPs-UPR,” imbuhnya.

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, Kaprodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, Prof. Dr. Wahyuningsih Usadiati, MPd menyampaikan bahwa maksud dari Regenerasi Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Pemelajar dan Pembelajar adalah beranjak dari rasa penasaran atau rasa ingin tahu yang besar, terhadap sesuatu.

“Di mana, prinsipnya adalah bertolak dari “the more you know, the more you don’t know” artinya semakin kamu mengetahui maka semakin kita menyadari bahwa pengetahuan kita terbatas,” ungkap Kaprodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris.

Prof. Wahyuningsih juga memberikan motivasi kepada seluruh civitas akademisi di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana UPR, baik itu bagi dosen, mahasiswa maupun alumni agar jangan pernah berhenti belajar.

“Selalu miliki semangat dan motivasi untuk belajar, serta tetaplah menjadi terang dan impact yang positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Lakukanlah yang terbaik dan bermanfaat bagi kemajuan Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana UPR. Karena, dari sinilah kita akan mencetak-cetak generasi-generasi tenaga pendidik dan praktisi Bahasa Inggris berikutnya.” tutup Prof. Dr. Wahyuningsih Usadiati, MPd yang juga sebagai panutan, dari seorang pembelajar yang tidak mengenal lelah hingga di usia emasnya.

Sebagai informasi, pihak penyelenggara kegiatan juga menggelar syukuran untuk ibu Prof. Dr. Wahyuningsih Usadiati, MPd, sebagai tanda sesaat menjelang masa purna tugasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP juga berkesempatan memberikan cinderamata kepada Prof. Dr. Wahyuningsih Usadiati, MPd sebagai wujud apresiasi dan ucapan terima kasih, atas pengabdian serta dedikasinya selama menjabat selaku Kaprodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Program Pascasarjana UPR. (YS)

Sumber: Kaltengnews