Implementasikan SLR, PPs-UPR Gelar Webinar Seri#4 Menemukan Gap (Novelty) Penelitian dan Analisis Bibliometrik

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) melalui Program Pascasarjana UPR (PPs-UPR) terus berupaya meningkatkan kemampuan civitas akademika, khususnya para mahasiswa dan dosen, dalam bidang penelitian dan penulisan artikel atau karya ilmiah bereputasi.

Upaya tersebut, diantaranya dengan menggelar webinar seri#4 tentang Menemukan Gap (Novelty) Penelitian dan Analisis Bibliometrik secara Daring, melalui sambungan zoom meeting, Sabtu (11/9/2021) siang.

Pada kegiatan kali ini, masih menghadirkan narasumber Dr. Darmawan Napitupulu, ST., M.Kom yang juga selaku reviewier Jurnal Internasional bereputasi Q1/Q2 H-index Scopus 13.

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim Telaah Karya Ilmiah dan Presentasi Ilmiah PPs-UPR Agung Wibowo, Ph.D., bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa di Program Pascasarjana UPR.

Karena, tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kemampuan dari seluruh mahasiswa di Program Pascasarjana UPR, utamanya dalam hal penelitian dan penulisan artikel ilmiah untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah bereputasi.

“Webinar seri#4 ini merupakan bagian dari rangkaian Webinar tentang Systematic Literature Review (SLR) yang diselenggarakan PPs UPR,” terang Ketua Tim Telaah Karya Ilmiah dan Presentasi Ilmiah PPs-UPR.

Selain itu, harapannya juga para mahasiswa di Program Pascasarjana UPR dapat menemukan novelty atau kebaruan dalam penelitiannya, sehingga mereka tidak lagi mengulang penelitian yang telah ada sebelumnya.

Lanjut Agung, menemukan kebaruan penelitian dengan SLR ini unik. Pasalnya, kebaruan yang ditemukan lebih objektif, karena dicari menggunakan protokol yang sudah mapan dan diterima oleh masyarakat ilmiah.

“Diharapkan, setelah mengikuti webinar ini, mahasiswa bisa mendapatkan soft skill, serta mampu membuat karya ilmiah berupa literature review, sehingga dapat menunjang mereka, sebelum melakukan penulisan tesis ataupun disertasi,” bebernya.

Agung menuturkan bahwa setelah kegiatan ini, diharapkan mahasiswa bisa menerbitkan karya ilmiah pada jurnal bereputasi pada awal tahun kedua studi di PPs UPR. Hal ini akan sangat membantu mempercepat kelulusan mahasiswa di Program Pascasarjana UPR.

Selanjutnya, sebagaimana ketentuan perkuliahan di lingkungan Program Pascasarjana dan Universitas Palangka Raya, dimana khususnya bagi mahasiswa Program Pascasarjana yang sudah memiliki artikel atau jurnal ilmiah bereputasi, sesuai pedoman yang ada maka yang bersangkutan memiliki kesempatan untuk tidak wajib mengikuti ujian tertutup.

“Oleh sebab itu, kegiatan webinar hari ini menjadi sangat penting, untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa di Program Pascasarjana UPR. Dengan harapan, pada awal tahun kedua mereka sudah bisa memulai penulisan tesis maupun disertasi.” tandasnya.

Sekedar untuk diketahui pula, pada sesi 3 Webinar tentang SLR yang direncanakan pada hari Rabu pekan depan, secara khusus akan membicarakan bagaimana protokol itu dilakukan, step by step menggunakan beberapa aplikasi dan software khusus. (YS)

Sumber: Kaltengnews