Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Program Pascasarjana UPR Telah Dibuka

Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS UPR) kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2020/2021. Pendataran dilakukan secara online mulai tanggal 13 April sampai dengan 07 Agustus 2020. PPS UPR membuka pendaftaran 11 program studi di jenjang magister (S2) dan 1 program doktor ilmu lingkungan. Kesebelas program studi tersebut adalah Program Studi Magister Sains Manajemen dengan empat bidang konsentrasi, yaitu Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Keuangan Sektor Publik, dan Manajemen Strategik. Selanjutnya ada Program Studi Magister Sumberdaya Alam dan Lingkungan dengan empat bidang konsentrasi, yaitu Pengelolaan Sumberdaya Lahan dan Tanaman, Pengelolaan Sumberdaya Hutan, Pengelolaan Sumberdaya Perairan, dan Pengelolaan Sumberdaya Sosial dan Ekonomi, SDA dan Lingkungan.

Program studi lain yang ditawarkan adalah Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah, Program Studi Magister Pendidikan Kimia, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Program Studi Magister Ilmu Hukum, Program Studi Magister Ilmu Ekonomi dengan bidang konsentrasi Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, serta Moneter dan Perbankan. Ada pula Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, dan Program Studi Magister Pendidikan IPS.

Setiap orang dengan kualifikasi sarjana atau lulusan PTN maupun PTS di Indonesia dapat mendaftar sebagai mahasiswa magister PPS UPR. Mereka harus melampirkan 3 rekomendasi, masing-masing dari pimpinan instansi bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja, pembimbing akademik/dosen senior bergelar doktor bagi calon mahasiswa yang belum bekerja, dan dosen senior bergelar master/doktor dengan golongan minimal IV/a dan/atau dengan jabatan fungsional Lektor Kepala bagi calon mahasiswa yang berstatus dosen.

Calon mahasiswa diharuskan mendaftar secara secara ONLINE dengan mengisi formulir pada link berikut. Untuk pelaksanaan tes wawancara, mahasiswa dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 750.000, yang dibayarkan melalui Bank BTN Nomor Rekening 0002601300003356 a.n BPn 043 Universitas Palangka Raya C. Selanjutnya calon mahasiswa diharuskan mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) dengan biaya sebesar Rp 600.000.

Untuk kelengkapan dokumen lainnya, calon mahasiswa diharuskan menyerahkan copy ijazah dan transkrip nilai terakhir yang sudah dilegalisir, photo berwarna ukuran 4×6 dengan latar biru, KTP dan Kartu Keluarga, serta Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter/ Rumah Sakit/Klini Kesehatan/Puskesmas. Khusus untuk calon mahasiswa doktoral (S3), pelamar diwajibkan menyerahkan Proposal Tentatif.

Untuk membantu calon mahasiswa memperoleh beragam informasi terkait pendaftaran online, PPS UPR juga menyediakan narahubung yang dapat dikontak sewaktu-waktu via Whatsapp. Mereka adalah:
1. Romie Hendrawan, ST (08115205300)
2. Suwandi, S.Pd (082151932155)
3. Suryana Pagia, S.Psi (085234124249)
4. Martha Veronika Asi, SH., MH (081346233789)
5. Reginal Tindis, SE (081352783932)

Bagi calon mahasiswa yang membutuhkan keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Bagian Akademik Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya, yang beralamat di Jl. H. Timang Kampus UPR Tunjung Nyaho, Palangka Raya 73112, atau Email : akademik.pps.upr@gmail.com.