Usis Mahasiswa Angkatan Pertama jadi Kandidat Doktor Ilmu Lingkungan Kesembilan Jebolan PPs-UPR

Kaltengnews.co.id – PALANGKA RAYA – Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs-UPR) pada hari Selasa 13 April 2021 besok, akan kembali menggelar Sidang Promosi Doktor untuk mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Lingkungan PPS-UPR.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., mengatakan bahwa pihaknya akan kembali menggelar Sidang Promosi Doktor kesembilan kalinya.

“Pada hari Selasa 13 April 2021 besok, kami akan kembali menggelar Sidang Promosi Doktor untuk Promovendus Usis yang merupakan mahasiswa angkatan Tahun 2016, dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) CFA 316 007,” ucap Prof. Yetrie MP., dalam pesan whatsApp pribadinya, Senin (12/4/2021).

Lebih lanjut, Guru Besar yang selalu ramah ini menyampaikan bahwa Sidang Promosi Doktor akan dilaksanakan dengan  memadukan cara online atau dalam jaringan (daring) dan cara luring atau tatap muka.

Dikatakan Prof. Yetrie, MP., adapun alasan kedua cara ini digunakan, ialah tidak lain untuk menekan dan mencegah sebaran Covid-19 di lingkungan kerja, khususnya di lingkungan kampus PPs-UPR.

“Kami tetap berkomitmen  menyelenggarakan kegiatan perkuliahan sebagaimana biasanya, namun mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih mewabah, maka kegiatan belajar mengajar, termasuk sejumlah ujian dan Sidang Promosi Doktor pun sementara ini dilaksanakan dengan memadukan kedua cara tersebut. Hal ini, sebagaimana wujud kepatuhan kami terhadap penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) di lingkungan kerja, sesuai anjuran dari pemerintah,” ungkapnya.

Lebih dalam, Guru Besar penuh terobosan ini juga menuturkan, adapun judul Disertasi yang akan dipertahankan didepan Tim Penguji oleh Promovendus Usis yakni ‘Pertumbuhan Tanaman Belangeran (Shorea Balangeran) dan Laju Emisi CO² pada Berbagai Umur dan Kondisi Tanaman di Lahan Gambut Kabupaten Pulang Pisau’.

Sedangkan untuk susunan Tim Penguji Sidang Promosi Doktor yang sudah ditetapkan pada Sidang Promosi Doktor kali ini, diantaranya Ketua Sidang Dr. Andrie Elia, SE., M.Si yang juga selaku Rektor UPR, Sekretaris Sidang merangkap Penguji Luar Komisi III Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., yang juga selaku Direktur PPs-UPR.

Lalu, Prof. Dr. Ir. Sih Winarti, MS., selaku Promotor, Dr. Ir. Sosilawaty, MP., selaku Co-Promotor I, Fengky F. Adji, SP., MP., Ph.D., selaku Co-Promotor II, Prof. Dr. Ir. H. Wahyudi., MP., IPU., selaku Penguji Luar Komisi I, Dr. Zafrullah Damanik, SP., M.Si., selaku Penguji Luar Komisi II.

Dan adapula, Penguji Luar Perguruan Tinggi Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin, MSc., IPU., yang juga selaku Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, serta Penguji Tamu H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M.,  yang juga selaku Bupati Pulang Pisau.

“Sidang Promosi Doktor, merupakan salah satu tahapan penting dan harus dilalui oleh seorang mahasiswa sebagai kandidat Doktor, sebelum dirinya benar-benar dinyatakan layak untuk menyandang gelar Doktor. Karena, disinilah seorang mahasiswa akan benar-benar diuji segala kemampuan dan penguasaan materi Disertasi nya secara terbuka oleh Tim Penguji yang sudah ditetapkan,” kata Prof. Yetrie, MP.,

Kembali, Guru Besar yang selalu menjadi inspirasi bagi kalangan internal PPs-UPR ini juga menerangkan meski dilaksanakan dengan memadukan cara daring dan luring, dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting dan pertemuan dengan jumlah yang sangat terbatas, bukan berarti mengurangi makna dari Sidang Promosi Doktor itu sendiri.

“Justru melalui perpaduan kedua cara ini, adalah salah satu bentuk nyata kami untuk turut serta memutus mata rantai sebaran Covid-19 di lingkungan kampus. Oleh sebab itu, kita tetap mengedepankan penerapan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19,” tegasnya.

Prof. Yetrie, MP., juga menambahkan bahwa pihaknya tetap berkomitmen untuk mencetak lulusan yang memiliki mutu, unggul, kompetitif dan inovatif yang memiliki daya saing tinggi. Hal ini, senada dengan motto PPS-UPR itu sendiri, yakni “Harati Bacahaya Kilau Bintang” menuju UPR Jaya Raya.

Sekedar untuk diketahui juga, berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara dalam Sidang Promosi Doktor kepada Promovendus Usis, akan dihadiri oleh Bupati Pulang Pisau  H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M., yang juga selaku Penguji Tamu. (YS)

Sumber: Kaltengnews