Tingkatkan Mutu Pendidikan, PPS-UPR bersama BAN-PT Laksanakan Asesmen Lapangan secara Daring

PALANGKA RAYA – Direktur Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., menyampaikan bahwa mulai hari ini Jumat 4 hingga Sabtu 5 Juni 2021, Program Studi Magister Pendidikan Kimia melaksanakan kegiatan asesmen lapangan secara daring yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dimana, pada kegiatan tersebut BAN-PT juga menugaskan 2 (dua) orang tim asesornya, yakni Prof. Dr. Jasril, MS., dari Universitas Riau dan Dr. Maria Paristiowati, M.Si., dari Universitas Negeri Jakarta.

Lanjut Guru Besar penuh terobosan ini menerangkan bahwa asesmen lapangan secara daring ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Karena, hal ini masih dalam rangkaian re-akreditasi Prodi Magister Pendidikan Kimia itu sendiri.

“Kami mulai hari ini, melaksanakan kegiatan asesmen lapangan secara daring untuk Prodi Magister Pendidikan Kimia. Dimana, hal ini juga sekaligus pula sebagai salah satu upaya untuk menindaklanjuti Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor, serta sebagai bentuk komitmen kami untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan PPS-UPR,” terangnya, Jumat (4/6/2021) siang.

Lebih dalam, Srikandi UPR ini juga menerangkan bahwa kegiatan asesmen lapangan secara daring oleh BAN-PT, meliputi penilaian dari pihak eksternal, terhadap penyelenggaraan pendidikan di PPS-UPR, khususnya pada Prodi Magister Pendidikan Kimia, termasuk pula semua dokumen-dokumen pendukungnya.

“Beberapa penilaian yang dilakukan oleh asesor, akan menjadi masukan yang positif untuk pengembangan institusi, khususnya Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR itu sendiri,” imbuhnya.

Guru Besar yang kerap menjadi inspirator bagi kalangan civitas akademika PPS-UPR ini menambahkan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas unggul dan memiliki daya saing global. Sebagaimana adanya Motto PPS-UPR itu sendiri, yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Prodi Magister Pendidikan Kimia, Dr. Abdul Hadjranul Fatah, M.Si., menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik adanya kegiatan asesmen lapangan secara daring ini.

Pasalnya, dengan adanya beberapa catatan yang disampaikan oleh tim asesor, maka itu akan menjadi bahan evaluasi dan pengembangan Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR ke arah yang lebih baik lagi.

Adapun beberapa hal yang dievaluasi oleh tim asesor dari BAN-PT tersebut, meliputi sistem penyelenggaraan pendidikan dan dokumen-dokumen pada Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR.

“Kami sangat berharap, segala catatan yang disampaikan oleh para asesor dapat bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan di Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR, sehingga penyelenggaraan pendidikan bisa semakin berkualitas unggul, dalam rangka mempersiapkan dan mencetak lulusan yang nantinya bisa berkontribusi untuk kemajuan bangsa, khususnya pembangunan di wilayah Kalimantan Tengah,” tandasnya. (YS)

Sumber: Kaltengnews