Sempat Alami Kekosongan Jabatan, Dr. Kusnida & Dr. Saiffulah Dilantik Jadi Kaprodi dan Sekprodi S2 PLS PPs-UPR

Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) melaksanakan Acara Pelantikkan Ketua dan Sekretaris Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah (PLS) PPS-UPR periode tahun 2020-2024 (antar waktu), bertempat di Lobby Utama Gedung Program Pascasarjana UPR, Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya, Kamis (1/7/2021) pagi.

Pelantikan Ketua dan Sekretaris Prodi S2 PLS PPs-UPR, berdasarkan Surat Keputusan Rektor UPR Nomor 3396/UN24/KP/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Ketua dan Sekretaris Program Studi Magister Pendidikan Luar Sekolah Universitas Palangka Raya periode tahun 2020-2024 Pengganti Antar Waktu.

Adapun Ketua dan Sekretaris Prodi S2 PLS PPs-UPR yang dilantik hari ini adalah Dr. Kusnida Indrajaya, S.Sos., M.Si., dan Sekretaris Dr. Drs. Saiffulah Darlan, M.Pd., menggantikan Kaprodi S2 PLS PPs-UPR sebelumnya yakni almarhum Dr. Wahyu Edy Setiawan, S.PSi., M.Pd., dan Sekretaris Dr. Wahidin, M.Pd..

Yang melantik Ketua dan Sekretaris Prodi S2 PLS PPs-UPR, dilakukan oleh Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., mewakili Rektor UPR Dr. Andrie Elia, SE., M.Si., serta dihadiri pula Wakil Direktur II PPs-UPR Dr. Indrawan Permana Kamis, ST., MA., beserta sejumlah perwakilan civitas akademika PPs-UPR secara terbatas. Kegiatan juga tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

FOTO : Direktur PPs-UPR, Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., saat memberikan sambutan pada kegiatan Pelantikan Ketua dan Sekretaris Prodi S2 PLS PPs-UPR.

Dalam sambutannya, Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., menyampaikan bahwa pelantikan Ketua dan Sekretaris Prodi S2 PLS PPs-UPR menjadi hal yang sangat penting untuk segera dilaksanakan.

“Mengingat, tujuannya tidak lain untuk mengisi kekosongan jabatan Ketua Program Studi S2 PLS PPs-UPR, paska wafatnya almarhum Dr. Wahyu Edy Setiawan, S.PSi., M.Pd., pada hari Kamis 8 April 2021 lalu,” ucap Direktur PPs-UPR saat menyampaikan sambutannya pada acara pelantikan Ketua dan Sekretaris Prodi S2 PLS PPs-UPR.

Lanjut Prof. Yetrie, MP., mengatakan bahwa progres perkembangan Prodi S2 PLS PPs-UPR, dibawah kepemimpinan Kaprodi almarhum Dr. Wahyu Edy Setiawan sungguh sangatlah luar biasa, dimana sebelum beliau Prodi S2 PLS PPs-UPR dulu sempat tertinggal bahkan terkesan ‘terbengkalai’.

“Namun, berkat suatu kerjasama yang baik dari semua pihak, serta semangat dan dedikasi almarhum yang ingin terus memajukan Prodi S2 PLS PPs-UPR, sehingga ‘membuahkan’ hasil yang manis, yakni sekarang Prodi S2 PLS PPs-UPR berhasil meraih akreditasi Baik Sekali, dari yang semula C (Baik).”

“Untuk itu, tanpa mengurangi rasa sukacita kita hari ini, saya pun kembali mengajak kita semua agar tetap mengenang nilai-nilai perjuangan, semangat dan dedikasi almarhum Dr. Wahyu Edy Setiawan, kita doakan semoga amal ibadahnya diterima Tuhan Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

FOTO: Kegiatan Pelantikan Ketua Prodi Dr. Kusnida Indrajaya, S.Sos., M.Si., dan Sekretaris Prodi Dr. Drs. Saiffulah Darlan, M.Pd., sebagai Kaprodi dan Sekprodi S2 PLS PPs-UPR. Kegiatan berlangsung di Lobby Utama Gedung Program Pascasarjana UPR, Kamis (1/7/2021) pagi.

Guru Besar yang memiliki dedikasi tinggi untuk terus memajukan UPR, khususnya melalui peningkatan mutu pendidikan di Program Pascasarjana UPR ini berpesan kepada Ketua dan Sekretaris Prodi S2 PLS PPs-UPR yang baru saja dilantik, untuk bisa segera beradaptasi dan menjalankan tugasnya secara baik. Terlebih, mengingat saat ini pihaknya sedang membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik (TA.) 2021/2022.

“Saya berpesan seraya meminta, khususnya kepada Ketua dan Sekretaris Prodi S2 PLS PPs-UPR yang baru dilantik, untuk bisa segera melakukan konsolidasi, baik di internal program studi maupun pihak eksternal, terutama dalam upaya mempromosikan Prodi S2 PLS PPs-UPR, dalam rangka penerimaan mahasiswa baru,” pesannya.

Tidak hanya itu, Guru Besar yang kerap menjadi inspirasi dan motivator bagi kalangan internal PPs-UPR ini mengingatkan agar semangat dan kerjasama baik yang telah ditinggalkan almarhum Dr. Wahyu Edy Setiawan agar dapat diteruskan dan dilanjutkan, untuk memajukan Prodi S2 PLS PPs-UPR.

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, saat dibincangi Kaltengnews.co.id, Ketua Program Studi (Kaprodi) S2 PLS PPs-UPR, Dr. Kusnida Indrajaya, S.Sos., M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diamanatkan kepadanya, untuk bisa ‘menahkodai’ (memimpin, red) Prodi S2 PLS PPs-UPR.

FOTO : Dr. Kusnida Indrajaya, S.Sos., M.Si., (Kiri) berfoto bersama Dr. Drs. Saiffulah Darlan, M.Pd., (Kanan) usai dilantik menjadi Ketua dan Sekretaris Prodi S2 PLS PPs-UPR.

“Tentunya, ini menjadi suatu amanah yang harus saya jalankan secara baik dan bertanggungjawab. Terlebih, mengingat saat ini Prodi S2 PLS PPs-UPR sudah memiliki akreditasi Baik Sekali, maka langkah selanjutnya, saya akan melakukan konsolidasi internal bersama seluruh unsur di Prodi S2 PLS. Utamanya, berkenaan bagaimana upaya bersama untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan informasi, terkait penerimaan mahasiswa baru di Prodi S2 PLS PPs-UPR,” kata Kaprodi S2 PLS PPs-UPR yang baru dilantik hari ini.

Hal lainnya, sambung Dr. Kusnida Indrajaya mengatakan bahwa pihaknya juga akan melakukan sejumlah perbaikan-perbaikan yang dianggap perlu, terlebih mengingat Prodi S2 PLS PPs-UPR, sempat mengalami kekosongan jabatan yang cukup lama paska meninggalnya almarhum, sehingga untuk mengejar ketertinggalan tersebut, maka akan banyak hal yang akan segera kami lakukan, termasuk pula perbaikan-perbaikan yang dianggap perlu.

“Serta yang terakhir dan tidak kalah pentingnya lagi, kami juga akan membuka hubungan bersama pihak eksternal, terutama kepada para stakeholder terkait, yang menjadi mitra kerja dari Prodi S2 PLS PPs-UPR, dalam berbagai bidang kerjasama,” imbuhnya.

Selain itu, Dr. Kusnida Indrajaya yang juga masih menjabat Ketua Sekretariat Rektor UPR ini menambahkan dengan akreditasi yang dimiliki Prodi S2 PLS PPs-UPR yakni Baik Sekali, maka akan semakin memudahkan untuk menginformasikan penerimaan mahasiswa baru.

Dirinya juga berharap animo calon pendaftar untuk bergabung menjadi mahasiswa baru di Prodi S2 PLS PPs-UPR, pada penerimaan mahasiswa baru TA. 2021/2022 dapat semakin meningkat. (YS)

Sumber: Kaltengnews