Prodi S2 Pendidikan IPS UPR Siap ‘Lahirkan’ Guru Berkompeten Dibidang Ilmu Pengetahuan Sosial

PALANGKA RAYA – Kebutuhan Sumberdaya Manusia (SDM) tenaga pendidik (guru, red) Unggul, Berkompeten dan Ahli dibidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berkualifikasi Strata Dua (S2) di satuan pendidikan dasar maupun menengah, menjadi suatu hal penting yang harus dipenuhi, dalam rangka mempersiapkan peserta didik (siswa, red) Unggul dan Berdaya Saing Global.

Adanya kebutuhan tersebut, melatarbelakangi Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) membuka Program Studi Magister (S2) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Dimana, tujuan dari penyelenggaraan pendidikan di Prodi Magister (S2) Pendidikan IPS PPS-UPR, salah satunya adalah untuk mempersiapkan (melahirkan, red) SDM guru dan praktisi sosial yang Unggul, Berkompeten dan Ahli dalam bidang pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Ketua Program Studi (Kaprodi) S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, Prof. Dr. Eddy Lion, M.Pd., menyampaikan bahwa saat ini pihaknya membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik (TA.) 2021/2022, dimana pendaftaran sudah memasuki gelombang ke-3 (tiga) terhitung sejak tanggal 2 Juni hingga 1 September 2021 mendatang.

“Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, mulai dari komposisi dosen, kurikulum dan mata kuliah, sarana dan prasarana, serta biaya pendidikannya yang relatif terjangkau dan dapat dicicil, sesuai ketentuan dari bidang keuangan di Program Pascasarjana UPR,” ucap Kaprodi S2 Pendidikan IPS, Sabtu (26/6/2021).

Lanjut Prof. Eddy Lion menyebutkan berkenaan komposisi dosen yang mendukung penyelenggaraan pendidikan di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, terdiri atas 5 (lima) orang Guru Besar (Profesor, red) diantaranya, Prof.Dr.Ir.Yetri Ludang,M.P, (Direktur PPS-UPR); Prof. Dr. Eddy Lion, M.Pd, (Kaprodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR); Prof. Dr. Holten Sion, M.Pd., (Kaprodi Magister Pendidikan Dasar PPS-UPR); Prof. Dr. Joni Bungai, M.Pd., (Ketua LP3MP UPR) dan Prof. Dr. Kuwing Babu, M.Si.

Selanjutnya, adapula dosen yang berkualifikasi Doktor dengan jabatan fungsional Lektor Kepala, diantaranya Dr. Untung F. Soan, M.Pd., (Sekretaris Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR); Dr. Andi Bustan, M.Pd; Dr.H.Kuswari, M.Si; Dr.Yossita Wisman, M.M.Pd. dan Dr. Eli Karliani, M.Pd., serta masih banyak lagi dosen yang berkualifikasi Doktor dengan jabatan fungsional Lektor Kepala.

Yang pasti, seluruh dosen yang mendukung (mengajar, red) di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, tentunya memiliki bidang keahliannya masing-masing.

Prof. Eddy juga menerangkan dari sisi kurikulum dan mata kuliah yang disusun di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, mengacu pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) UPR, yakni ‘Pengembangan Sumberdaya Manusia dan IPTEKS dalam pengelolaan sumberdaya alam, rawa gambut dan lingkungan.’

“Kegiatan akademik di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, diselenggarakan atas dasar Sistem Kredit Semester (SKS). Dimana, setiap mahasiswa wajib lulus mata kuliah, dengan total beban studi 42 SKS, termasuk ujian Tesis. Direncanakan untuk dapat diselesaikan dalam kurun waktu 4 (empat) semester atau setara 2 tahun,” terangnya.

Guru Besar Ilmu Sosial ini juga mengatakan untuk tingkat kecepatan kelulusan mahasiswa di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, itu tergantung dari tingkat keaktifan masing-masing mahasiswa.

Karena, semua itu sudah secara jelas diatur pada standar kurikulum dan pedoman yang disusun. Dan, setelah lulus kuliah di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, para alumni akan menyandang gelar Magister Pendidikan (M.Pd).

Dikatakan Prof. Eddy, mahasiswa yang mendaftar di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR wajib memiliki gelar pendidikan jenjang Strata Satu (S-1) dari multidisiplin ilmu yang relevan dengan bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Sekedar untuk diketahui pula, rata-rata mahasiswa yang mendaftar di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR adalah guru IPS yang berstatus ASN, baik di satuan pendidikan dasar maupun menengah, dan ada pula yang bekerja di Dinas Pendidikan, bahkan mereka yang berprofesi sebagai praktisi dibidang pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

“Berdasarkan cerita pengalaman dari para alumni, setelah menyelesaikan pendidikan dengan menyandang gelar Magister Pendidikan di bidang IPS, ada yang mendapat promosi untuk menempati sejumlah posisi jabatan strategis,” ujarnya.

Lebih dalam, Prof. Eddy kembali mengutarakan bahwa sarana dan prasarana yang ada di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR juga terbilang cukup representatif. Seperti, tersedianya ruang kelas yang dilengkapi pendingin (AC) dan LCD Proyektor, adanya Perpustakaan terpadu milik Program Pascasarjana UPR, serta didukung Laboratorium Sosial.

“Saat Pandemi COVID-19 yang tengah mewabah sekarang ini, kegiatan pembelajaran tetap berlangsung dengan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) yakni memadukan cara daring dan luring, melalui sambungan virtual,” imbuhnya.

Untuk kegiatan kemahasiswaan, di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR juga cukup bervariatif, seperti adanya kelompok diskusi yang dilaksanakan atas inisiatif dari mahasiswa itu sendiri, dengan menghadirkan dosen yang mengajar di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR.

Sedangkan, dari sisi biaya pendidikan, Prof. Eddy kembali mengungkapkan bahwa biaya pendidikan di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR juga terbilang cukup terjangkau dan dapat dicicil, sebagaimana adanya kebijakan dari bagian keuangan Program Pascasarjana UPR.

Adapun komponen biaya pendidikan di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, terdiri atas Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) per semester sebesar Rp. 6.000.000; dan Biaya Pengembangan Institusi (SPI) dibayar hanya 1 kali sebesar Rp. 6.000.000,- dapat dicicil selama 5 (lima) kali setiap semester.

“Nah, inilah keunggulan yang dimiliki oleh Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, baik itu dari komposisi dan kompetensi dosen; kurikulum dan mata kuliah; sarana dan prasarana maupun biaya pendidikan. Jadi, tunggu apalagi ayo marilah bergabung bersama kami, untuk menjadi SDM guru ataupun praktisi sosial yang berkualitas Unggul, Berkompeten dan Ahli dibidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial,” ajaknya.

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, calon pendaftar dapat menghubungi panitia penerimaan mahasiswa baru, di Prodi S2 Pendidikan IPS PPS-UPR, alamat Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya 73112, Nomor Telepon/Fax. (0536) 3230789, atau bisa mengunjungi website pendaftaran di http://pps.upr.ac.id atau http://bit.Iy/PMB_PPs_UPR_2021. (YS)

Sumber: Kaltengnews