Prodi Magister Ilmu Ekonomi PPS-UPR Buka Pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru

PALANGKA RAYA – Magister Ilmu Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya menjadi suatu institusi pendidikan tinggi terdepan yang mampu menghasilkan lulusan dengan gelar Magister Ekonomi (ME) yang menguasai pengetahuan dan penelitian Ilmu Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan serta memiliki daya saing nasional dan internasional.

Prodi Magister Ilmu Ekonomi merupakan salah satu program studi unggulan dari Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya yang dibuka sejak tahun 2012, berdasarkan Mandat dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Dijen Dikti Kemendikbud RI No. 1063/E/T/2012, tertanggal 9 Agustus 2012.

Saat ini Prodi MIE PPS-UPR telah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan Nomor : 1023/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/II/2021.

Ketua Program Studi (Kaprodi) MIE PPS-UPR, Dr. Alexandra Hukom, SE., M.Si., menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik (TA.) 2021/2022.

Dimana, pendaftaran sudah memasuki Gelombang ke 3 (tiga) terhitung sejak tanggal 2 Juni hingga 1 September 2021 mendatang.

“Prodi MIE PPs-UPR, saat ini telah membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru TA. 2021/2022. Sebagai syarat pendaftaran adalah lulusan Strata Satu (S-1) multi disiplin ilmu, baik itu S1 dibidang ekonom maupun non-ekonomi dari perguruan tinggi negeri maupun swasta,” kata Kaprodi MIE PPS-UPR, Jumat (25/6/2021).

Lebih lanjut, Dr. Alexandra Hukom juga mengatakan bahwa Prodi MIE PPs-UPR memiliki sejumlah keunggulan, baik dari komposisi dosen, kurikulum dan mata kuliah, sarana dan prasarana, kegiatan kemahasiswaan dan alumni, serta biaya pendidikannya pun relatif cukup terjangkau.

Untuk komposisi dosen yang mengajar di Prodi MIE sudah bergelar Doktor baik dari universitas ternama di Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu juga didukung oleh Guru Besar, diantaranya Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., yang juga selaku Direktur PPs-UPR. Kemudian, Prof. Dr. Danes Jayanegara, M.Si. (Dekan FEB UPR); Prof. Dr. Sih Winarti, MS.; Dr. Andrie Elia, SE., M.Si., (Rektor UPR); Dr. Miar, M.Si.; Dr. Irawan, M.Si.; Dr. Harin Tiawon, MP.; Dr. Sunaryo Neneng, MP.; Drs. Benius, MM., Ph.D. (Rektor UNKRIP); Dr. Alexandra Hukom, SE., M.Si., (Kaprodi MIE PPS-UPR); Dr. Fitria Husnatarina, M.Si., Ak.CA.; Dr. Roby Sambung, MM., dan Dr. Darmae Nasir, M.Si., M.A.

Semua dosen memiliki kompetensi dan keahlian dibidangnya masing-masing, sambung Dr. Alexandra Hukom untuk mendukung kurikulum Prodi MIE PPs-UPR yang saat ini memiliki 2 (dua) konsentrasi, yakni Konsentrasi Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, dan Konsentrasi Moneter dan Perbankan.

Untuk menyelesaikan studi di Prodi MIE PPs-UPR, setiap mahasiswa diwajibkan lulus seluruh mata kuliah, selama 4 (empat) semester dengan rincian 41 SKS tatap muka, 1 (satu) SKS proposal tesis dan 6 (enam) SKS Tesis.

Sarana dan prasarana pendukung yang dimiliki terbilang cukup representatif, diantaranya Gedung Perkuliahan yang nyaman, ruang kelas kapasitas 15 hingga 30 orang yang dilengkapi pending dan LCD Proyektor, Perpustakaan yang berisi literasi yang cukup lengkap, Aula Pertemuan yang cukup representatif, Internet (Jaringan WLAN dan Hotspot), serta lapangan parkir yang cukup luas.

Selama masa pandemic perkuliahan dilakukan secara online melalui aplikasi ZOOM meeting maupun Google Classroom, tetapi tidak tertutup kemungkinan untuk mahasiswa menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut diatas secara offline dikampus.

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Prodi MIE PPs-UPR, adalah kegiatan kemahasiswaan untuk mendukung pembelajaran yang berbasis OBE (Outcome Based Education), yakni pembelajaran berbasis pada output yang dihasilkan dari inovatif, interaktif dan efektif, yaitu Economics Club.

Economic Club ini menjadi wadah mahasiswa melakukan diskusi dan sharing tentang indikator-indikator ekonomi terhadap perekonomian Kalimantan Tengah bahkan Indonesia yang kemudian dituangkan dalam suatu riset dan terpublish di jurnal ilmiah nasional maupun internasional serta dapat di presentasikan pada konferensi ilmiah nasional maupun internasional.

Alumni lulusan dari Prodi MIE PPs-UPR sudah mampu bersaing menjadi bagian dari pembuat kebijakan daerah di Kalimantan Tengah, baik Instansi Daerah, Instansi Vertikal dan pihak-pihak swasta.

“Nah, itulah sejumlah keunggulan yang dimiliki Prodi MIE PPs-UPR. Jadi, tunggu apalagi marilah bergabung dengan mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru TA. 2021/2022. Dan, yakinlah bahwa dengan bergabung menjadi mahasiswa di Prodi MIE PPs-UPR, anda akan mampu meningkatkan kompetensi yang ada,” katanya.

Dr. Alexandra Hukom juga menambahkan untuk biaya pendidikan di Prodi MIE PPS-UPR juga terbilang relatif terjangkau dan dapat dicicil. Adapun komponen biaya pendidikan, meliputi SPP dibayar setiap semester sebesar Rp. 6.000.000,- dan Uang Pembangunan sebesar Rp 6.000.000,- hanya 1 kali selama masa studi dan dapat dicicil setiap semesternya.

“Untuk informasi lebih lanjut, calon pendaftar bisa langsung menghubungi panitia penerimaan mahasiswa baru di Prodi Magister Ilmu Ekonomi kampus PPs-UPR Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya 73112, Contact Persons Alexandra (Wa. 0812 581 3039) dan Grace (Wa. 0823 5707 3014), atau bisa juga melakukan pendaftaran secara online di website: http://pps.upr.ac.id.” tutupnya. (YS)

Sumber: Kaltengnews