Persiapkan Mahasiswa jadi Presenter di Forum Ilmiah, Program Pascasarjana UPR Gelar SemNas Parallel Session

PALANGKA RAYA – Setelah sukses menggelar kegiatan Seminar Nasional (SemNas) plenary session hari pertama (terbuka untuk umum, red) maka selanjutnya, Program Pascasarjana (PPs) UPR di hari kedua kembali melanjutkan dengan SemNas parallel session yang ditujukan khusus untuk peserta yang sudah mengirimkan abstrak. Kegiatan dilaksanakan melalui sambungan virtual Zoom Meeting, Minggu (24/10/2021) pagi.

Perlu diketahui, sebagaimana pemberitaan sebelumnya, kegiatan SemNas Program Pascasarjana Tahun 2021 ini, terbagi atas 2 (dua) kategori peserta yakni peserta yang tidak perlu mengirimkan abstrak (umum) dan peserta yang mengirimkan abstrak.

Direktur PPs-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP melalui Wakil Direktur (Wadir) Bidang Umum dan Keuangan Dr. Indrawan Permana Kamis, ST., MA., menjelaskan pada kegiatan SemNas parallel session, lebih ditujukan kepada sekitar 50 an peserta sebagai presenter yang telah mengirimkan abstrak.

Sebagai informasi,  adapun peserta yang sudah mengirimkan abstrak, bukan hanya berasal dari internal Program Pascasarjana UPR saja, tapi juga ada yang dari luar Program Pascasarjana UPR.

“Dimana, abstrak tersebut juga telah melalui proses penilaian oleh Tim Internal di Program Pascasarjana UPR. Selanjutnya, akan dipresentasikan oleh masing-masing peserta pada SemNas parallel session,” terang Dr. Indrawan yang juga selaku Ketua Panitia Seminar Nasional Program Pascasarjana UPR.

Adapun tujuan dari kegiatan SemNas parallel session ini adalah untuk mempersiapkan, membekali dan meningkatkan kemampuan mahasiswa atau peserta sebagai seorang presenter atau penyaji dalam Seminar Ilmiah atau Forum Ilmiah Lainnya.

Lanjut Dr. Indrawan juga menerangkan dalam SemNas parallel session, dibagi kedalam 2 (dua) sesi yakni Sesi I antara Pukul 08.00 – 10.00 WIB, terdiri atas 3 (tiga) ruang yakni Ruang A dipandu oleh moderator Dr. Alexandra Hukom, SE, MSi (Ketua Prodi Magister Ilmu Ekonomi); Ruang B dipandu oleh moderator Dr. Betrixia Barbara, SP, MSi (Sekretaris Prodi Magister Pendidikan Ekonomi); dan Ruang C dipandu oleh moderator Dr. Ir. Masliani, MP (Sekretaris Prodi Doktor Ilmu Lingkungan).

Kemudian, Sesi II antara Pukul 10.00 – 12.00 WIB, terdiri atas 4 (empat) ruang yakni Ruang D dipandu oleh moderator Dr. Ir. Herry Redin, MP (Ketua Prodi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan); Ruang E dipandu oleh moderator Dr. Sri Endang Mugi Rahayu, MPd (Sekretaris Prodi Magister Pendidikan Dasar); Ruang F dipandu oleh moderator Dr. Wahyu Supriyati, SHut, MP (Sekretaris Prodi Magister Pendidikan Biologi); dan Ruang G dipandu oleh moderator Dr. Bambang Mantikei Jaya Budi, MSi. (Ketua Prodi Magister Manajemen).

“Selain memberikan kesempatan kepada peserta terpilih untuk menjadi presenter atau penyaji pada kegiatan SemNas parallel session, kami juga memberikan kesempatan kepada peserta untuk mempublikasikan abstraknya ke dalam edisi khusus Seminar Nasional di Jurnal Pascasarjana.”

“Namun, tentunya itu harus menunggu review editor untuk diputuskan apakah layak publish atau tidak. Jadi, output dari kegiatan ini berupa edisi khusus Seminar Nasional di Jurnal Pascasarjana,” ujarnya.

Sementara itu, masih di hari dan kegiatan yang sama, salah satu panitia kegiatan Agung Wibowo, PhD menyampaikan bahwa kegiatan SemNas parallel session ini memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa di Program Pascasarjana UPR, utamanya bagi mereka yang belum pernah menjadi presenter pada Seminar Ilmiah.

“Untuk itu, Program Pascasarjana UPR memfasilitasi kebutuhan tersebut. Seminar ilmiah berbeda dengan seminar lainnya karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan, misalnya waktu yang terbatas untuk presentasi, biasanya estimasi waktu yang diberikan antara 5-10 menit.”

“Sehingga, materi harus dipersiapkan dengan sangat cermat dan fokus. Jika time management presenter tidak baik, maka dia akan dihentikan oleh moderator baik presentasinya sudah tuntas ataupun belum,” terangnya.

Agung mengatakan pengetahuan ini diharapkan bisa menjadi bekal yang baik, terlebih ketika nanti mahasiswa atau alumni dari Program Pascasarjana akan tampil pada forum ilmiah lainnya.

Atas penyelenggaraan kegiatan SemNas parallel session ini, banyak peserta yang menyambut baik, mereka memiliki animo tinggi untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, serta memberikan apresiasi positif kepada Direktur Program Pascasarjana UPR ibu Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP yang telah memprakarsai kegiatan ini.

Disisi lain, menurut salah satu peserta yang menjadi presenter (penyaji) pada SemNas parallel session, Wanda Marlin menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Program Pascasarjana UPR yang telah menyelenggarakan kegiatan SemNas parallel session ini.

“Banyak manfaat yang kami terima, terlebih tujuannya untuk membekali kami sebagai mahasiswa di Program Pascasarjana UPR agar semakin siap menjadi seorang presenter atau penyaji pada kegiatan Seminar Ilmiah atau Forum ilmiah lainnya,” ungkapnya.

Tidak lupa, Mahasiswa Program Studi Magister (S2) Ilmu Ekonomi ini juga menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Direktur Program Pascasarjana UPR ibu Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP yang telah menginisiasi kegiatan SemNas parallel session ini.

“Kegiatan ini sangat membantu untuk kami para mahasiswa yang membutuhkan sertifikat Seminar Nasional sebagai syarat pengajuan berkas Tesis, dan yang terpenting kegiatan ini membawa pengaruh yang positif untuk menambah wawasan kami untuk melakukan penelitian.” tandasnya.

Hal senada, Eprie mahasiswa Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (MPSAL) PPs-UPR juga menyampaikan melalui seminar ini, peserta dapat meningkatkan kemampuan dalam menyampaikan hasil penelitian dan berbagi ilmu yang diperoleh, karena mengingat peserta yang mengikuti kegiatan Seminar Nasional parallel ini berasal dari Berbagai disiplin ilmu yang berbeda.

Perlu diketahui, kegiatan SemNas ini merupakan agenda tahunan dari Program Pascasarjana UPR. Dimana, tujuannya tidak lain untuk membekali dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan yang memiliki kualitas unggul dan berdaya saing global.

Hal ini, tentunya sejalan dengan motto dari Program Pascasarjana UPR itu sendiri yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’menuju UPR Jaya Raya. (YS)

Sumber: Kaltengnews