Peningkatkan Kualitas Guru, Kapuas Kerjasama dengan Program Pascasarjana UPR

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Wakil Rektor UPR Bidang Umum dan Keuangan Dr. Suriansyah menandatangani MoU antara kedua lembaga

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS – Momen Hari Guru Nasional, Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 dan penutupan Pekan Olahraga Seni (Porseni), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas menggelar Pengibaran Bendera Sang Merah Putih.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menjadi Inspektur Upacara, Senin (25/11/2019) pagi di Stadion Panunjung Tarung Kota Kuala Kapuas.

Mengangkat tema “Membangkitkan kesadaran kolektif guru dalam meningkatkan disiplin dan etos kerja untuk penguatan pendidikan karakter”.

Bupati Kapuas dalam amanatnya menyerukan semangat kepada para guru untuk mendidik anak muridnya semakin hebat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Kapuas.

Ben Brahim juga mengungkapkan terkait peningkatkan kualitas guru di Kabupaten Kapuas.

Dirinya menjelaskan telah menyediakan suatu program yang mana bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas Palangkararaya (UPR) agar guru-guru yang ada di Kabupaten Kapuas dapat meningkatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Dirinya menambahkan akan terus berjuang demi kemerdekaan pendidikan di Indonesia khususnya di Kabupaten Kapuas karena semua berawal dan berakhir dari guru.

Oleh karena itu ia berharap agar guru-guru dapat berinovasi dengan mengajak diskusi murid saat dikelas, memberikan kesempatan murid untuk mengajar di kelas, mencetus proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, menemukan bakat dalam diri muridnya dan memberikan bantuan kepada guru yang sedang kesulitan.

Bupati Kapuas juga menyampaikan beberapa pesan kepada masyarakat Kabupaten Kapuas salah satunya yaitu mengajak khususnya generasi muda untuk tidak terpengaruh hal-hal negatif seperti narkoba dan berkomitmen bersama-sama untuk memeranginya.

Direktur PPS UPR Prof Dr Yeterie Ludang menandatangani perjanjian kerjasama peningkatan pendidikan bagi guru di Kabupaten Kapuas.

Kemudian dirinya mengimbau agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing dan mengikat tali silaturahmi demi terjaganya kerukunan dan kedamaian di Kabupaten Kapuas.

“Walaupun kita tidak sedarah tetapi kita tetap bersaudara, mari kita melangkah bersama bergandengan tangan menuju satu titik demi menyatukan pikiran untuk mencapai masyarakat Kapuas sejahtera, rukun dan damai,” ungkap Ben.

Adapun pelaksanaan upacara tersebut diawali dengan unjuk gelar drum band sekolah dan madrasah se Kabupaten Kapuas.

Gabungan Gita Swara Ceria SD Negeri 2 Selat Tengah, Gema Swara Spensa SMP Negeri 1 Selat, Gita Swara Suppel SMP Negeri 2 Selat, Gema Swara Basarang SMP Negeri 1 Basarang, Gema Nada Tingang SMP Negeri 2 Kapuas Murung, Gema Insan Cita Madrasah Aliyah Negeri Kapuas, Gema Swara Smasa SMA Negeri 1 Kapuas dan gabungan pelajar SMP Negeri 3 Selat serta pelajar SMK Negeri 1 yang tergabung pada drum band Bahana Gita Praja dibawah binaan Ary Egahni Ben Bahat dan pelatih, Safri.

Pada kegiatan peringatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama dengan Program Pascasarjana UPR, penyerahan mobil ambulance dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada Bupati Kapuas yang kemudian diserahkan ke RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo yang diterima langsung oleh Direktur RSUD dr Agus Waluyo.

Kemudian dirangkai dengan penyerahan hadiah juara lomba Porseni yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, penyerahan motor dinas untuk tiga orang guru dan penyerahan SK guru Kontrak.

Usai kegiatan dilaksanakan ramah tamah Bupati Kapuas bersama Ketua PGRI Provinsi Kalteng H Suriansyah Murhaini dan juga Direktur Pascasarjana UPR Yetrie Ludang berserta jajaran dan segenap Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas.

Upacara tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Kepala OPD Kabupaten Kapuas, Kepala Sekolah berserta guru se Kabupaten Kapuas, para Kontingen Porseni, sejumlah tamu undangan dan murid-murid sekolah yang ada di Kuala Kapuas.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id 
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti