Menunjang Persyaratan Widyaprada, Prodi S2 PLS PPs-UPR ‘Kantongi’ Akreditasi Baik Sekali

Keberadaan Program Studi Magister (S2) Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs-UPR) dengan akreditasi Baik Sekali, memiliki peranan penting untuk menunjang peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pendidikan, utamanya sebagai persyaratan wajib Widyaprada (dulu Widyaswara, red) di seluruh satuan pendidikan, baik itu dilingkup BP PAUD – Dikmas maupun LPMP. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Dr. Kusnida Indrajaya, S.Sos., M.Si.

“Dengan adanya akreditasi yang dimiliki oleh Prodi S2 PLS PPs-UPR saat ini, yaitu akreditasi Baik Sekali, maka kami sangat berharap, dapat menjadi wadah para Widyaprada, sebagai tempat pendidikan mereka, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dalam hal ini jenjang Strata Dua (S2) atau Magister,” ucap Kaprodi S2 PLS PPs-UPR, Jumat (2/7/2021).

Lanjut Dr. Kusnida Indrajaya mengatakan bahwa Prodi S2 PLS PPs-UPR merupakan satu-satunya Prodi S2 Pendidikan Luar Sekolah yang ada di wilayah Kalimantan, bahkan sudah ‘mengantongi’ atau memiliki akreditasi Baik Sekali.

Sehingga, menjadi pilihan tepat bagi para Widyaprada, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dalam upaya pemenuhan salah satu persyaratan yang diwajibkan.

Hal penting lainnya, yakni kebutuhan akan SDM lulusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) memiliki peluang kerja yang sangat luas, tidak hanya dibidang pendidikan, tapi juga sejumlah bidang strategis lainnya.

Seperti halnya tergambarkan, dalam formasi penerimaan CPNS tahun 2021, yangmana kebutuhan terhadap lulusan PLS dari jenjang Strata Satu (S1) juga terbilang cukup banyak, tidak hanya dibidang pendidikan, tapi juga pada beberapa bidang lainnya.

Dimana, dipastikan kedepan kebutuhan untuk meningkatkan kompetensi tersebut, juga menjadi suatu kewajiban dari Aparatur Sipil Negara (ASN) terutama dalam mendukung peningkatan karier, sekaligus pula sebagai upaya mendukung optimalisasi pelayanan kepada masyarakat.

Dan, satu-satunya cara untuk meningkatkan kompetensi tersebut adalah melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, yakni dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata Dua (S2) linear, seperti berkuliah di Prodi S2 PLS PPs-UPR yang sekarang sudah memiliki akreditasi Baik Sekali.

“Untuk itu, maka kami membuka kesempatan sebesar-besarnya bagi masyarakat luas, utamanya guru maupun ASN di setiap satuan pendidikan atau bidang kerja lainnya, terlebih bagi kawan-kawan Widyaprada yang ingin bergabung dan mendaftarkan diri, pada penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik (TA.) 2021/2022, dimana pendaftaran sudah memasuki gelombang ke-3 (tiga) terhitung sejak tanggal 2 Juni hingga 1 September 2021 mendatang,” katanya.

Lanjut Dr. Kusnida Indrajaya mengutarakan ada banyak keunggulan yang dimiliki Prodi S2 PLS PPs-UPR, baik itu akreditasi dan mutu pendidikan, komposisi dan kompetensi dosen, kurikulum dan mata kuliah, sarana dan prasarana, serta biaya pendidikannya yang relatif terjangkau dan dapat dicicil, sesuai ketentuan dari bidang keuangan di Program Pascasarjana UPR.

Adapun Staf pengajar (dosen, red) mendukung pembelajaran, di Prodi S2 PLS PPs-UPR memiliki kompetensi dan keahlian dibidangnya masing-masing, baik yang berkualifikasi guru besar (profesor, red) ataupun Doktor lulusan dalam maupun luar negeri.

Sambung Dr. Kusnida Indrajaya menyebutkan adapun dosen yang memiliki kualifikasi Guru Besar (Profesor, red) ada sebanyak 3 (tiga) orang, yakni Prof. Dr. H. M. Norsanie Darlan, MS.PH; Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP (Direktur PPs-UPR); Prof. Dr. Ir. Saputera, M.Si.

Kemudian, dosen yang berkualifikasi Doktor, diantaranya Dr. Kusnida Indrajaya, S.Sos., M.Si., (Kaprodi S2 PLS PPs-UPR); Dr. Syaifullah Darlan, M.Pd., (Sekprodi S2 PLS PPs-UPR); Dr. Wahidin, M.Pd; Dr. Linggua Sanjaya Usop, SS., M.Si; Dr. Piter Joko Nugroho, M.Pd; serta Dr. Firlianty, S.Pi., MS.

“Dimana, menjadi suatu kebanggaan dari seluruh tenaga pengajar atau dosen di Prodi S2 PLS PPs-UPR, baik yang berkualifikasi Guru Besar maupun Doktor dibidang Pendidikan maupun Doktor dibidang non-Pendidikan, seluruhnya itu adalah murni dari dosen yang mengajar di Universitas Palangka Raya, tidak ada dosen pinjaman dari tempat lainnya,” ungkap Dr. Kusnida.

Selanjutnya, dari sisi kegiatan akademik, kurikulum dan beban studi yang ditetapkan pada Prodi S2 PLS PPs-UPR, mengacu pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) UPR, yakni ‘Pengembangan Sumberdaya Manusia dan IPTEKS dalam pengelolaan sumberdaya alam, rawa gambut dan lingkungan.’

Sementara, dari sisi sarana dan prasarana, Dr. Kusnida Indrajaya kembali mengatakan bahwa sarana dan prasarana di Prodi S2 PLS PPs-UPR juga cukup representatif, meliputi ruang kuliah yang nyaman, karena dilengkapi pendingin (AC) dan LCD Proyektor; Perpustakaan terpadu Program Pascasarjana UPR; Jaringan Internet; serta beberapa fasilitas pendukung lainnya.

Selama Pandemi COVID-19 masih mewabah, Prodi S2 PLS PPs-UPR juga tetap mengedepankan prinsip keamanan dan kenyamanan dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) secara ketat, yakni Pembelajaran dilakukan secara online.

“Beban studi yang disyaratkan pada Prodi S2 PLS PPs-UPR adalah 43 SKS, termasuk didalamnya seminar proposal, seminar hasil, dan tesis dengan lama studi minimal 4 (empat) semester dan maksimal 8 (delapan) semester,” terangnya.

Sedangkan untuk biaya pendidikan, Dr. Kusnida Indrajaya juga menambahkan bahwa biaya pendidikan di Prodi S2 PLS PPS-UPR terbilang sangat terjangkau dan dapat dicicil.

Adapun komponen biaya pendidikan di Prodi S2 PLS PPS-UPR, terdiri atas Uang Pendaftaran Rp. 750.000; Tes TPA Rp. 600.000. Kemudian, biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Rp. 6.000.000; Biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Rp. 6.000.000 dibayar hanya 1 kali dan dapat dicicil selama 5 (lima) kali setiap semester.

“Inilah sejumlah keunggulan yang dimiliki Prodi S2 PLS PPS-UPR, baik itu dari akreditasi dan mutu pendidikan, komposisi dan kompetensi dosen; kurikulum dan mata kuliah; kegiatan kemahasiswaan; sarana dan prasarana maupun biaya pendidikannya. Nah…, jadi tunggu apalagi Ayo marilah bergabung bersama kami, untuk menjadi SDM Unggul dan Berdaya Saing Tinggi yang memiliki keahlian dibidang Pendidikan Luar Sekolah,” Ajak Dr. Kusnida Indrajaya.

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut, calon mendaftar bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran ke narahubung Dr. Kusnida Indrajaya, S.Sos., M.Si., (HP/WA. 0818 0422 22111); Dr. Syaifullah Darlan, M.Pd., (HP/WA. 0812 5821 0977); dan Masrani (HP/WA. 0852 4917 3789).

Dengan alamat Prodi S2 Pendidikan Luar Sekolah, Kampus UPR Tunjung Nyaho, gedung PPS-UPR Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya 73111; Telepon/Fax (0536) 3230789; atau bisa juga mengunjungi website di http://pps.upr.ac.id atau mengisi formulir pendaftaran di  http://bit.Iy/PMB_PPs_UPR_2021(YS)

Sumber: Kaltengnews