Kesempatan ‘Emas’, Program Pascasarjana UPR Masih Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru TA. 2021/2022

PALANGKA RAYA – Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) masih membuka kesempatan ’emas’, bagi masyarakat luas yang ingin mendaftarkan diri dan bergabung menjadi mahasiswa baru pada Tahun Ajaran 2021/2022.

Dimana, saat ini penerimaan mahasiswa baru TA. 2021/2022 sudah memasuki gelombang ke 3 (tiga) yakni terhitung sejak tanggal 2 Juni hingga 1 September 2021 mendatang.

Direktur PPS-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., menyampaikan bahwa saat ini, program Pascasarjana UPR memiliki 12 Program Studi (Prodi) terdiri atas 11 Prodi Magister atau Strata Dua (S-2), serta 1 Prodi Doktor atau Strata Tiga (S-3).

Lanjut Prof. Yetrie, MP., menerangkan khususnya Prodi Magister (S-2) terdiri atas
Prodi Magister Manajemen (MM) akreditasi B, memiliki 4 (empat) bidang konsentrasi yakni Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumberdaya Manusia, Manajemen Keuangan Sektor Publik, serta Manajemen Strategik.

Kemudian, Prodi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSAL) akreditasi B, memiliki 4 bidang konsentrasi yakni Pengelolaan Sumberdaya Lahan, Pengelolaan Sumberdaya Hutan, Pengelolaan Sumberdaya Perairan, serta Pengelolaan Sumberdaya Sosial dan Ekonomi (Sosek), Sumberdaya Alam (SDA) dan Lingkungan.

Lalu, Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris akreditasi B; Prodi Magister Pendidikan Luar Sekolah akreditasi Baik Sekali; Prodi Magister Pendidikan Kimia akreditasi Baik; Prodi Magister Pendidikan Biologi akreditasi B.

Dan, Prodi Magister Ilmu Hukum akreditasi C (dalam proses akreditasi), Prodi Magister Ilmu Ekonomi akreditasi B, memiliki 2 bidang konsentrasi yakni Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, serta Moneter dan Perbankan.

Selanjutnya, Prodi Magister Pendidikan Dasar akreditasi C (reakreditasi, tahun 2021); Prodi Magister Pendidikan Ekonomi akreditasi C (reakreditasi, tahun 2021); Prodi Magister Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) akreditasi C (reakreditasi, tahun 2020). Sedangkan untuk Prodi Doktor atau Strata Tiga (S-3) yakni Prodi Doktor Ilmu Lingkungan dengan akreditasi B.

“PPS-UPR kini memiliki sederetan keunggulan, mulai dari tenaga pendidik atau dosen yang memiliki kualifikasi dan keahlian dibidangnya masing-masing. Dosen tersebut, juga tersebar di 12 program studi. Yang mana, diyakini pula dengan kualitas dosen yang baik, maka setiap mata kuliah yang diajarkan dapat secara mudah diterima dan dipahami, serta diimplementasikan oleh mahasiswa,” kata Prof. Yetrie, MP., Senin (21/6/2021).

Lebih dalam, Guru Besar yang memiliki etos kerja tinggi ini juga kembali mengatakan begitu pula upaya peningkatan akreditasi, dari masing-masing program studi. Dimana, pada tahun 2021 ini, PPS-UPR juga menargetkan seluruh program studi sudah berakreditasi.

Hal lain yang tidak kalah pentingnya, adanya sarana prasarana pendukung yang tersedia di masing-masing program studi juga terbilang cukup lengkap, baik itu ruang kelas, literasi, perpustakaan, aula pertemuan, jaringan internet dan komputer, lingkungan perkuliahan yang nyaman dan aman, serta layanan administrasi dan akademik secara optimal, sehingga benar-benar memberikan berbagai kemudahan dan kenyamanan bagi mahasiswa.

Tidak hanya itu, Guru Besar yang selalu kerap menjadi inspirator bagi kalangan internal PPS-UPR ini juga mengutarakan bahwa hingga saat ini, pihaknya sudah banyak mencetak lulusan atau alumni, baik itu yang menyandang Gelar Magister maupun Doktor yang saat ini telah berkiprah di berbagai sektor, diantaranya institusi pemerintahan, lembaga pemerintah, NGO, industri, swasta maupun dunia usaha.

“Nah, tunggu apalagi?, Ayo mari bergabung bersama kami, untuk bersama-sama mewujudkan semua cita-cita dengan mendaftarkan diri menjadi mahasiswa PPS-UPR. Kembangkan segala potensi yang dimiliki, serta yakinlah bahwa bersama PPS-UPR, anda pasti dan bisa mewujudkannya.”

“Karena kami, juga memegang sebuah komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang memiliki mutu dan kualitas, dalam rangka mempersiapkan SDM Unggul dan Berdaya Saing Global, hal ini sebagaimana adanya motto dari PPS-UPR itu sendiri, yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya,” tutupnya.

Untuk informasi pendaftaran mahasiswa baru TA. 2021/2022 lebih lanjut, silahkan hubungi langsung panitia penerimaan mahasiswa baru PPS-UPR TA. 2021/2022 di Kampus PPS-UPR Jalan H. Timang Kampus UPR, Tunjung Nyaho Palangka Raya 73111, dengan Nomor Telepon (0536) 3230789 atau bisa juga mengunjungi web : http://pps.upr.ac.id.

Selain 12 program studi disebutkan tadi, saat ini pihak PPS-UPR kabarnya juga sedang berproses, melakukan persiapan pembukaan 4 Prodi Magister baru, diantaranya yakni Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, Prodi Magister Sosiologi, Prodi Magister Administrasi Negara dan Prodi Magister Ilmu Pemerintahan.

“Untuk Prodi Magister yang baru tersebut, saat ini kami sudah mengantongi rekomendasi dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), bahkan khususunya Prodi Magister Perencanaan Wilayah dan Kota, sebelumnya kami sudah meng-upload ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) guna dilakukan penilaian dan evaluasi.”

“Dan, semoga saja segala urusan dan proses pengurusannya dapat berjalan dengan lancar, hingga pada ijin penyelenggaraannya pun diberikan oleh pusat. Sehingga, masyarakat luas yang ingin bergabung dan mendaftarkan diri menjadi mahasiswa pada 4 Prodi Magister Baru tersebut dapat segera tertampung.” tutupnya. (YS)

Sumber: Kaltengnews