Jadi SDM Unggul Dibidang Pengelolaan SDA dan Lingkungan, Prodi S-2 PSAL PPS-UPR Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Ketua Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, Dr. Ir. Herry Redin, MP.

PALANGKA RAYA – Program Studi Magister (S-2) Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSAL) Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) merupakan satu-satunya program studi S-2 dibidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan yang ada di wilayah Kalimantan Tengah, khususnya di Kota Palangka Raya.

Dibuka sejak tahun 2006, melalui ijin SK Dikti No. 1921/D/T/2006. Pembukaan Prodi Magister (S-2) PSAL PPS-UPR bertujuan sebagai wadah untuk mempersiapkan Sumberdaya Manusia (SDM) Unggul dan Berkompeten, khususnya memiliki keahlian dibidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan.

Saat ini, Prodi Magister PSAL PPS-UPR memiliki akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan SK BAN-PT Nomor 583/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2018, tertanggal 20 Februari 2018.

Ketua Prodi Magister PSAL PPS-UPR, Dr. Ir. Herry Redin, MP., menyampaikan bahwa dalam rangka menjaga keberlanjutan alam dan lingkungan, dari segala potensi pencemaran dan kerusakan lingkungan bahkan ancaman degradasi, sehingga melatarbelakangi Universitas Palangka Raya, melalui Program Pascasarjana UPR membuka pendaftaran mahasiswa baru Tahun Akademik (TA.) 2021/2022.

Dimana, tujuannya yakni melalui pendidikan tinggi S-2 dibidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, maka dapat melahirkan SDM Unggul, Berkompeten dan Memiliki Keahlian dalam Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan.

“Saat ini, kami membuka kesempatan luas bagi masyarakat, khususnya mereka yang memiliki gelar S1 multi disiplin ilmu yang relevan dengan Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan, untuk bisa bergabung mendaftarkan diri menjadi mahasiswa baru TA. 2021/2022 di Prodi Magister PSAL PPS-UPR, pada penerimaan gelombang ke-3 (tiga) yakni dilaksanakan sejak tanggal 2 Juni hingga 1 September 2021 mendatang,” kata Kaprodi Magister PSAL PPS-UPR, Jumat (25/6/2021).

Lebih lanjut, Dr. Herry Redin juga mengatakan bahwa saat ini Prodi Magister PSAL memiliki 4 (empat) bidang konsentrasi yakni Pengelolaan Sumberdaya Lahan, Pengelolaan Sumberdaya Hutan, Pengelolaan Sumberdaya Perairan, serta Pengelolaan Sumberdaya Sosial dan Ekonomi (Sosek), Sumberdaya Alam (SDA) dan Lingkungan.

Banyak keunggulan yang dimiliki oleh Prodi Magister PSAL PPS-UPR, baik itu dari sisi komposisi dan kompetensi staf pengajar (dosen, red); kurikulum dan mata kuliah; kegiatan kemahasiswaan dan dosen; sarana dan prasarana pendukung, termasuk pula biaya pendidikannya yang relatif terjangkau dan dapat dicicil.

Dari sisi komposisi dan kompetensi dosen, Dr. Herry Redin menyebutkan bahwa dosen yang mengajar di Prodi Magister PSAL PPS-UPR merupakan dosen-dosen yang terbaik dan memiliki keahlian dibidangnya masing-masing.

Dosen yang mengajar di Prodi Magister PSAL PPS-UPR, terdiri atas 8 orang Guru Besar (Profesor, red) dan 16 orang Doktor (S3) dengan jabatan fungsional Lektor Kepala. Adapun Guru besar yang mendukung kegiatan pembelajaran di Prodi Magister PSAL PPS-UPR, diantaranya Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., (Direktur PPS-UPR, alumni ITS-Surabaya).

Kemudian, Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS., (Wakil Rektor Bidang Akademik, alumni IPB-Bogor); Prof. Dr. Sulmin Gumiri, M.Sc., (Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama UPR, alumni Hokkaido University); Prof. Ir. Y. Sulistiyanto, MP., Ph.D., (alumni Nottingham University).

Selanjutnya, Prof. Dr. Ir. Bambang S. Lautt, M.Si., (Kaprodi Doktor Ilmu Lingkungan, alumni alumni IPB-Bogor); Prof. Dr. Ir. Wahyudi, MP., (alumni IPB-Bogor); Prof. Dr. Ir. H. Saputera, M.Si., (alumni IPB-Bogor); dan Prof. Dr. Ir. Sih Winarti, MS., (alumni Universitas Padjadjaran-Bandung).

Sedangkan untuk dosen yang berkualifikasi Doktor (S-3) dengan jabatan fungsional Lektor Kepala, diantaranya Dr. Ir. Herry Redin, MP., (Kaprodi Magister PSAL PPS-UPR, alumni Universitas Brawijaya-Malang); Dr. Ir. Vera Amelia, M.Si., (Sekretaris Prodi Magister PSAL PPS-UPR, alumni Universitas Brawijaya-Malang); serta selebihnya adalah dosen yang juga memiliki kualifikasi S-3 dengan jabatan fungsional Lektor Kepala.

Dr. Herry Redin juga menerangkan bahwa kegiatan akademik di Prodi Magister PSAL PPS-UPR, diselenggarakan atas dasar Sistem Kredit Semester (SKS). Dimana, terbagi kedalam kelompok mata kuliah wajib (39 SKS); dan mata kuliah pilihan (6 SKS).

FOTO: Kegiatan Civitas Akademika Prodi Magister PSAL PPS-UPR, pada kegiatan HARI RIMBAWAN tahun 2019 (Dok. Foto sebelum Pandemi COVID-19).

Lalu, untuk minat-minat keahlian yang ditawarkan di atas, direncanakan untuk dapat diselesaikan dalam kurun waktu 4 (empat) semester atau setara 2 tahun, dengan total beban studi 45 SKS.

Dimana, menjadi keunggulan dari kegiatan akademik di Prodi Magister PSAL PPS-UPR, mengacu pada Pola Ilmiah Pokok (PIP) UPR, yakni ‘Pengembangan Sumberdaya Manusia dan IPTEKS dalam pengelolaan sumberdaya alam, rawa gambut dan lingkungan.’

“Berkenaan dengan latar belakang profesi, untuk alumni mahasiswa yang berkuliah di Prodi Magister PSAL PPS-UPR cukup bervariatif, baik itu berasal dari ASN, non-ASN dan adapula dari perusahaan swatsa. Setelah lulus, gelar yang berhasil diraih juga telah diakui oleh pemerintah daerah, maupun instansi dimana mereka bekerja,” katanya lagi.

Sementara, untuk tingkat kecepatan kelulusan pada Prodi Magister PSAL PPS-UPR, Ujar Dr. Herry Redin, itu semua kembali kepada tingkat keaktifan dari masing-masing mahasiswa itu sendiri.

Disini, dosen dan staf pendidik hanya mengajar, membimbing dan mengarahkan, tidak sedikitpun bermaksud untuk menghambat, karena proses tahapan yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa di Prodi Magister PSAL PPS-UPR memanglah demikian.

“Sebagai salah satu buktinya, beberapa alumni lulusan dari Prodi Magister PSAL PPS-UPR, bahkan ada yang hanya menyelesaikan pendidikan kurun waktu kurang dari 2 tahun, sudah berhasil lulus menyandang gelar Magister Sains (M.Si). Ini kembali lagi kepada tingkat keaktifan dari masing-masing mahasiswa,” terangnya.

Selain itu, dari sisi sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Prodi Magister PSAL PPS-UPR, sambung Alumni UB-Malang ini juga mengatakan bahwa Prodi Magister PSAL PPS-UPR memiliki sejumlah sarana dan prasarana yang representatif, seperti adanya ruang kuliah yang dilengkapi dengan pendingin (AC) dan LCD Proyektor; Perpustakaan yang berisi literasi sains yang cukup lengkap.

Kemudian, laboratorium yang ada di Gedung Pusat Pengembangan IPTEK dan Inovasi Gambut (PIIG) 7 lantai milik UPR yang baru berdiri, dan Hutan Pendidikan milik UPR, serta banyak lagi yang lainnya.

Selanjutnya, Dr. Herry Redin menambahkan untuk biaya pendidikan di Prodi Magister PSAL PPS-UPR juga terbilang cukup terjangkau dan dapat dicicil, meliputi Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) per semester sebesar Rp. 6.000.000; dan Biaya Pengembangan Institusi (SPI) hanya 1 kali sebesar Rp. 6.000.000,- dapat dicicil selama 5 (lima) kali setiap semester.

“Nah, inilah keunggulan yang dimiliki oleh Prodi Magister PSAL PPS-UPR, jika dibandingkan dengan yang lainnya. Baik itu dari komposisi dan kompetensi dosen, kurikulum dan mata kuliah, sarana dan prasarana, maupun biaya pendidikan. Jadi, tunggu apalagi ayo marilah bergabung bersama kami, untuk menjadi SDM yang berkualitas Unggul, Berkompeten dan Ahli dibidang Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan,” ajaknya.

Hal ini, juga selaras dengan motto dari Prodi Magister PSAL yakni ‘Menemukan Harapan Masa Depan’ (Discover Excellence Future) dan Motto dari PPS-UPR yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya.

“Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, bagi calon mendaftar bisa langsung menghubungi contact persons Dr. Ir. Herry Redin, MP., Hp/Wa. 0813.4953.3550 atau Dr. Ir. Vera Amelia, M.Si., Hp/Wa. 0852.4597.3403; Selain itu bisa juga langsung menghubungi panitia pendaftaran penerimaan mahasiswa baru di Sekretariat Bagian Akademik Gedung Lantai 2 PPS-UPR Jalan Hendrik Timang, Kampus UPR Tanjung Nyaho Kota Palangka Raya 73112, atau bisa mendaftar secara online di website: http://pps.upr.ac.id atau http://bit.Iy/PMB_PPs_UPR_2021.” tandasnya. (YS)

Sumber: Kaltengnews