Ditengah Ketatnya Persaingan Global, Prodi MM PPS-UPR Siap ‘Cetak’ SDM Unggul dan Berdaya Saing Tinggi

PALANGKA RAYA – Kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) berkompeten dan ahli dibidang manajerial, menjadi hal yang penting terutama di era globalisasi saat ini. Terlebih, di tengah dinamika masyarakat dan persaingan bisnis yang semakin ketat, serta adanya tantangan di tengah pandemi COVID-19.

Baik itu di pemerintahan, perbankan maupun dunia usaha/bisnis, saat ini sangat membutuhkan SDM yang memiliki kemampuan dan keahlian dibidang manajemen yang memiliki kualifikasi pendidikan jenjang Strata Dua (S2) terutama dalam rangka mengatur, mengelola serta mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki, untuk mencapai suatu tujuan tertentu, dengan strategi yang efektif dan efisen.

Kondisi demikian, sehingga melatarbelakangi Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPs-UPR) membuka Program Studi Magister (S2) Manajemen. Dimana, tujuannya untuk mempersiapkan SDM Unggul, Berkompeten dan Ahli dibidang manajemen.

Prodi Magister Manajemen PPS-UPR berdiri pada tanggal 5 Januari 2005, memiliki izin operasional Nomor 4799//D/T/2004 tertanggal 16 Desember 2004. Selain itu, Prodi Magister Manajemen memiliki akreditasi B (Baik) berdasarkan Surat Keputusan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) SK Nomor 4647/SK/BAN-PT/Akred/M/II/2017.

Ketua Program Studi (Kaprodi) Magister Manajemen PPS-UPR, Dr. Bambang Mantikei, M.Si., menyampaikan bahwa saat ini, Prodi Magister Manajemen PPS-UPR memiliki 4 (empat) bidang konsentrasi, yakni Manajemen Pemasaran; Manajemen SDM; Manajemen Keuangan; serta Manajemen Strategik.

“Prodi Magister Manajemen PPS-UPR, saat ini membuka kesempatan bagi masyarakat luas, khususnya mereka yang memiliki gelar di jenjang Strata Satu (S1) multidisiplin ilmu yang relevan dengan bidang manajemen, untuk bergabung menjadi mahasiwa baru,” ujar Kaprodi Magister Manajemen PPS-UPR, Selasa (29/6/2021).

Pendaftaran mahasiswa baru TA. 2021/2022 di Prodi Magister Manajemen PPS-UPR, sudah memasuki gelombang ke-3 (tiga) yakni dilaksanakan sejak tanggal 2 Juni hingga 1 September 2021 mendatang.

Lanjut Dr. Bambang Mantikei mengungkapkan banyak keunggulan yang dimiliki oleh Prodi Magister Manajemen PPS-UPR, baik itu dari sisi komposisi, kompetensi dan keahlian staf pengajar (dosen, red); kurikulum dan mata kuliah; kegiatan kemahasiswaan, alumni dan dosen; sarana dan prasarana pendukung, termasuk pula biaya pendidikannya yang relatif terjangkau dan dapat dicicil.

Adapun komposisi dosen yang mendukung penyelenggaraan pendidikan di Prodi Magister Manajemen PPS-UPR, terdiri atas 4 (empat) orang Guru Besar (Profesor, red) diantaranya, Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., (Direktur PPS-UPR); Prof. Dr. Ferdinand, MS; Prof. Dr. Danes Jaya Negara, SE, M.Si., (Dekan FEB UPR); serta Prof. Dr. Yunikewaty, MM.

Kemudian, adapula dosen yang berkualifikasi Doktor dengan jabatan fungsional Lektor Kepala, diantaranya Dr. Bambang Mantikei, M.Si., (Kaprodi Magister Manajemen PPS-UPR); Dr. Achmad Syamsudin, SE., MM., (Sekretaris Prodi Magister Manajemen); Dr. Usup Riasi Christa, SE., MM.

Selanjutnya, Dr. Lelo Sintani, MM.; Dr. Roby Sambung, SE., MMDr. Miar P. Bakar, M.Si; Dr. Harin Tiawon, SE., MP; Dr. Asriansyah S. Mawung, SE, M.Si; Dr. Irawan, SE., M.Si: Dr. Yohanes Joni Pambelum, SE., M.Si; Dr. Stepanus, S.Hut., MP; Dr. Meitiana, SE, MM; Dr. Luluk Tri Harinie, SE, MM; Dr. Agus Satria Wibowo, SE, M.Si; serta Dr. Fitria Husnataria, SE, M.Si.

“Yang pasti, seluruh dosen yang mendukung (mengajar, red) di Prodi Magister Manajemen PPS-UPR, adalah kawan-kawan yang memiliki keahlian dibidangnya masing-masing,” ujarnya.

Selain komposisi dan kompetensi dosen yang mengajar di Prodi Magister Manajemen PPS-UPR, sambung Dr. Bambang Mantikei menerangkan bahwa kegiatan akademik dan mata kuliah di Prodi Magister Manajemen PPS-UPR diselenggarakan atas dasar Sistem Kredit Semester (SKS) dengan beban studi 48 SKS, termasuk pula penyusunan tesis 8 SKS, dengan masa studi minimum 4 semester dan maksimum 10 semester.

FOTO : Kegiatan Pelatihan Implementasi Program Partial Least Square bagi mahasiswa Prodi Magister Manajemen PPS-UPR.

Kemudian, dari sisi sarana dan prasarana yang tersedia di Prodi Magister Manajemen juga cukup representatif, meliputi ruang kuliah yang nyaman, karena dilengkapi pendingin (AC) dan LCD Proyektor; Perpustakaan terpadu Program Pascasarjana UPR; Jaringan Internet; serta beberapa fasilitas pendukung lainnya.

FOTO : Kegiatan Perkuliahan di Prodi Magister Manajemen PPS-UPR. (Dok. Foto sebelum adanya Pandemi COVID-19).

Sedangkan untuk biaya pendidikan, Dr. Bambang Mantikei juga menambahkan bahwa biaya pendidikan di Prodi Magister Manajemen PPS-UPR terbilang sangat terjangkau dan dapat dicicil.

Komponen biaya pendidikan di Prodi Magister Manajemen PPS-UPR, terdiri atas Uang Pendaftaran Rp. 750.000; Tes TPA Rp. 600.000; Biaya Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) Rp. 6.000.000; Biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Rp. 6.000.000 dibayar hanya 1 kali dan dapat dicicil selama 5 (lima) kali setiap semester.

“Nah, inilah sejumlah keunggulan yang dimiliki Prodi Magister Manajemen PPS-UPR, baik itu dari komposisi dan kompetensi dosen; kurikulum dan mata kuliah; kegiatan kemahasiswaan; sarana dan prasarana maupun biaya pendidikannya. Jadi, tunggu apalagi ayo marilah bergabung bersama kami, untuk menjadi SDM Unggul dan Berdaya Saing Tinggi yang memiliki keahlian dibidang manajemen,” ajaknya.

Untuk informasi dan keterangan lebih lanjut, calon mendaftar bisa langsung menghubungi panitia pendaftaran ke contacts persons (narahubung, red) Yoppy, S.Sos., (HP/WA. 0852 5275 7530); Dien Novera, SE., (HP/WA. 0852 5126 1577).

Dengan alamat Prodi Magister Manajemen, Kampus UPR Tunjung Nyaho, gedung PPS-UPR Jalan Hendrik Timang Kota Palangka Raya 73111; Telepon/Fax. (0536) 3241010 atau Telepon/Fax (0536) 3230789; Email: msm.ppsunpar@gmail.com; serta bisa juga mengunjungi website di http://pps.upr.ac.id atau http://bit.Iy/PMB_PPs_UPR_2021. (YS)

Sumber: Kaltengnews