‘Berbenah Diri’, Prodi MPK PPS-UPR Tingkatkan Mutu Pendidikan

PALANGKA RAYA – Program Studi (Prodi) Magister Pendidikan Kimia (MPK) Program Pascasarjana Universitas Palangka Raya (PPS-UPR) baru saja menyelesaikan kegiatan asesmen lapangan secara daring yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, kegiatan asesmen lapangan secara daring untuk Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR, dilaksanakan selama 2 hari, yakni sejak tanggal 4 hingga 5 Juni 2021. Dimana, kegiatan asesmen lapangan secara daring ini masih dalam rangkaian re-akreditasi Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR.

Pada hari kedua ini, secara umum tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yakni Prof. Dr. Jasril, MS., dari Universitas Riau dan Dr. Maria Paristiowati, M.Si., dari Universitas Negeri Jakarta, masih melanjutkan sejumlah penilaian dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pendidikan di Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR, termasuk pula sejumlah data-data dan dokumen pendukungnya.

Usai kegiatan tersebut, mewakili Prodi Magister Pendidikan Kimia, Dr. Abu Darin, M.Si. selaku Sekretaris Prodi Magister Pendidikan Kimia menyampaikan bahwa pihaknya baru saja mengikuti kegiatan asesmen lapangan secara daring yang dilaksankan oleh BAN-PT.

“Kami hari ini baru saja mengikuti kegiatan asesmen lapangan secara daring, untuk Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, dan hari ini adalah hari penutupannya,” ucap Dr. Abu Darin.

Lebih lanjut, Ia juga mengutarakan bahwa memang ada sejumlah catatan yang disampaikan oleh asesor, namun itu semuanya adalah catatan yang sangat positif dan sangat membangun.

Dimana, masukan-masukan tersebut selanjutnya akan menjadi acuan untuk berbenah diri, dalam upaya memajukan Prodi MPK PPS-UPR.

Pihaknya juga berharap, setelah re-akreditasi nanti, maka animo masyarakat pun untuk bergabung menjadi mahasiswa di Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR akan semakin meningkat.

“Karena, melalui tahap re-akreditasi Prodi Magister Pendidikan Kimia yang sedang dilaksanakan ini, maka tentunya kedepan penyelenggaraan pendidikan kami akan semakin baik lagi, sekaligus pula ini sebagai tindak lanjut dan upaya pencapaian IKU Rektor, khususnya di Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR,” ungkapnya.

Dr. Abu Darin juga menambahkan kedepan, menjadi orientasi dan dasar program kerja, dari Prodi Magister Pendidikan Kimia ialah selalu mendasari pada peningkatan akreditasi dan IKU Rektor UPR.

Sementara itu di tempat terpisah, Direktur PPS-UPR Prof. Dr. Ir. Yetrie Ludang, MP., mewakili seluruh civitas akademika dan Prodi Magister Pendidikan Kimia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada BAN-PT, khususnya kepada tim asesor, yakni Prof. Dr. Jasril, MS., dari Universitas Riau dan Dr. Maria Paristiowati, M.Si., dari Universitas Negeri Jakarta yang sudah melaksanakan kegiatan asesmen lapangan secara daring, untuk Prodi Magister Pendidikan Kimia PPS-UPR.

“Berbagai catatan, masukan dan bimbingan yang sudah diberikan, tentunya akan menjadi bahan evaluasi untuk segera ditindaklanjuti. Masukan yang diberikan juga memiliki manfaat besar untuk peningkatan institusi, khususnya di Prodi Magister Pendidikan Kimia,” ujarnya.

Tidak lupa, Guru Besar yang kerap menjadi sosok inspiratif bagi kalangan internal PPS-UPR ini juga memberikan motivasi kepada civitas akademika di Prodi Magister Pendidikan Kimia, agar tetap semangat dan teruslah berkarya untuk memajukan program studi ke arah yang lebih baik lagi.

“Ini suatu komitmen kita, untuk menyelenggarakan pendidikan yang memiliki mutu dan kualitas lebih baik lagi. Dimana, ketika pendidikan itu baik maka kami pun mencetak lulusan yang bermutu dan berkualitas pula.” tandasnya.

Hal ini sebagaimana adanya motto dari PPS-UPR, yakni ‘Harati Bacahaya Kilau Bintang’ menuju UPR Jaya Raya. (YS)

Sumber: Kaltengnews

Leave a Reply